Rangkuman Berita Utama Timteng Senin 14 November 2022

Jakarta, ICMES. Komandan Armada Perdamaian dan Persahabatan Angkatan Laut (AL) Strategis Angkatan Bersenjata  Iran, yang berlabuh di Jakarta, mengumumkan pelaksanaan latihan maritim bersama antara Iran dan Indonesia.

Enam orang tewas dan 81 lainnya luka-luka  akibat ledakan bom yang mengguncang jalur pejalan kaki yang padat pengunjung di Istanbul tengah

Rekaman video amatir yang ditayangkanoleh saluran Al-Masirah milik gerakan Ansarullah (Houthi) Yaman memperlihatkan keterlibatan pasukan penjaga perbatasan Saudi dalam pembunuhan puluhan imigran Ethiopia.Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal Israel yang diluncurkan ke pangkalan udara di provinsi Homs, Suriah tengah.

Berita Selengkapnya:

Indonesia dan Iran Gelar Latihan Perang Maritim Gabungan

Komandan Armada Perdamaian dan Persahabatan Angkatan Laut (AL) Strategis Angkatan Bersenjata  Iran, yang berlabuh di Jakarta, mengumumkan pelaksanaan latihan maritim bersama antara Iran dan Indonesia.

Dua kapal perang asal Iran, IRINS Makran-441 dan IRINS Dena-75, telah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka melakukan misi perdamaian di Indonesia, dan diterima secara resmi oleh para petinggi militer Indonesia serta para pejabat diplomatik Iran di Indonesia

Panglima Armada Perdamaian dan Persahabatan Strategis AL Iran, Kapten Farhad Fattahi,  didampingi Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Khosh Haikal Azad, menjawab pertanyaan lebih dari 30 wartawan dari 24 media Indonesia di atas kapal  IRINS Dena-75 buatan Iran.

Dalam konferensi pers ini, Kapten Farhad Fattahi menyambut baik kehadiran wartawan dan awak media di atas kapal tersebut, yang tak ubahnya dengan wilayah Iran.

Dikutip Al-Alam, Ahad (13/11), Fattahi kepada wartawan mengatakan,  “Seperti yang Anda ketahui, Republik Islam Iran mengambil alih kepresidenan Komite Keamanan Maritim sesuai dengan keputusan Pertemuan Puncak Evans, dan dalam hal ini, Armada Perdamaian dan Persahabatan Republik Islam Iran menjalankan misi utamanya dalam rangka menjamin keamanan jalur pelayaran dan kapal di laut.”

Rabu lalu Antara melaporkan dua kapal perang asal Iran, IRINS Makran-441 dan IRINS Dena-75, bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dalam rangka melakukan misi perdamaian di Indonesia.

Kedua kapal perang itu telah berada di wilayah perairan Indonesia sejak 5 November 2022. Fattahi, mengatakan, misi perdamaian tersebut berkaitan dengan perbincangan pengamanan jalur lintas laut untuk kapal komersil kedua negara.

“Pada dasarnya, isinya mencoba mengamankan jalur lalu lintas internasional, khususnya kapal-kapal komersial Iran,” kata Fattahi di atas IRINS Dena-75.

Fattahi menjelaskan, misi perdamaian yang dibawa tersebut dikeluarkan langsung oleh Markas Besar Angkatan Laut Iran. Setelah melakukan misi di Indonesia, dia belum mengetahui akan menuju negara mana lagi untuk menyebarkan misi perdamaian ini.

Kepala Staf Komando Armada Indonesia TNI AL, Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan, yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan kerja sama antara TNI AL dan Angkatan Laut Iran diharapkan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan tetap memiliki semangat yang sama dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

“Kerja sama antara Angkatan Laut kedua negara telah terjalin sejak lama, dan kunjungan dua kapal perang Iran di Jakarta, menjadi momentum yang sangat baik dalam meningkatkan hubungan sekaligus berbagi pengalaman para personel Angkatan Laut kedua negara,” kata Yayan. (alalam/antara)

Istanbul Diguncang Bom, Enam Tewas, 81 Terluka

Enam orang tewas dan 81 lainnya luka-luka  akibat ledakan bom yang mengguncang jalur pejalan kaki yang padat pengunjung di Istanbul tengah, Ahad (13/11).

Dalam insiden yang disebut Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai serangan bom yang “berbau terorisme” itu beberapa ambulans berdatangan ke tempat kejadian di jalan Istiklal yang padat pejalan kaki.

Kawasan di distrik Beyoglu di kota terbesar Turki itu diblokir oleh polisi setelah  semula ramai pengunjung yang terdiri atas pembeli, turis, dan keluarga yang sedang menikmati suasana akhir pekan.

Menjelang keberangkatan ke KTT Kelompok 20 (G-20) di Indonesia, Ahad, Erdogan menyebut ledakan itu sebagai “serangan berbahaya”, dan berjanji bahwa para pelakunya akan dihukum.

“Orang-orang kami dapat yakin bahwa pelaku di balik serangan itu akan dihukum sebagaimana mestinya,” katanya pada konferensi pers.

Dia menyebutkan bahwa informasi awal menunjukkan “seorang wanita berperan” dalam ledakan itu.

“Salah jika mengatakan ini tidak diragukan lagi adalah serangan teroris, tetapi perkembangan awal dan intelijen awal dari gubernur saya adalah baunya seperti terorisme,” imbuhnya, sembari menyatakan bahwa empat orang meninggal di tempat kejadian dan dua meninggal di rumah sakit.

Wakil Presiden Fuat Oktay kemudian memperbarui jumlah korban luka menjadi 81, dengan kondisi dua di antaranya kritis. Dia juga menduga insiden itu sebagai “serangan teroris”.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya sebelumnya mengatakan ledakan itu terjadi sekitar pukul 16:20 waktu setempat. (aljazeera)

Puluhan Imigran Afrika Dibantai oleh Pasukan Arab Saudi

Rekaman video amatir yang ditayangkanoleh saluran Al-Masirah milik gerakan Ansarullah (Houthi) Yaman memperlihatkan keterlibatan pasukan penjaga perbatasan Saudi dalam pembunuhan puluhan imigran Ethiopia.

Tayangan itu mencakup gambar-gambar yang disebutkan sebagai kuburan massal berisi puluhan korban asal Afrika yang dibunuh oleh pasukan penjaga perbatasan Saudi.

Al-Masirah dapat mendokumentasikan pembantaian tersebut sembari mengambil kesaksian dari para imigran Afrika yang masih hidup. Mereka membenarkan bahwa tentara Saudi dengan sengaja menyetrum puluhan imigran Ethiopia, setelah menyekap mereka di sebuah ruangan. (raialyoum)

Israel Serang Homs, Dua Tentara Suriah Gugur

Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal Israel yang diluncurkan ke pangkalan udara di provinsi Homs, Suriah tengah.

Mengutip sumber militer, kantor berita resmi Suriah SANA melaporkan bahwa serangan rudal Israel itu dilakukan dari wilayah udara Lebanon dan menargetkan pangkalan udara militer Shayrat di bagian tenggara Homs pada Ahad malam (13/11).

“Pada pukul 18:23 malam ini, Israel melakukan agresi udara dari arah Tripoli-Hermel di Lebanon utara dengan sasaran bandara militer Shayrat di pinggiran Homs. Pertahanan udara kami menghadapi rudal-rudal penyerang dan menembak jatuh beberapa di antaranya,” bunyi laporan itu.

Televisi pemerintah Suriah juga menyiarkan rekaman video pertahanan udara mencegat “rudal agresor Israel” terhadap Homs, yang merupakan rumah bagi situs militer milik pasukan pemerintah Suriah dan kelompok pejuang Hizbullah Lebanon.

Mengutip sumber militer, SANA menyebutkan agresi Israel itu “mengugurkan dua tentara dan melukai tiga lainnya serta menimbulkan kerugian materi.”

Israel sering melanggar kedaulatan Suriah dengan menyerang posisi-posisi militer, terutama milik Hizbullah, yang gigih membantu tentara Suriah melawan kawanan teroris yang didukung asing.

Israel menjadi pendukung utama kelompok-kelompok teroris yang memerangi pemerintah Presiden Bashar al-Assad sejak pemberontakan yang didukung asing meletus di Suriah pada awal tahun 2011.

Suriah telah berulang kali mengadukan kepada PBB atas serangan Israel, dan mendesak Dewan Keamanan untuk mengambil tindakan terhadap kejahatan Tel Aviv, namun seakan tak digubris sama sekali. (sana)