Rangkuman Berita Utama Timteng Selasa 21 Juli 2020

china-palestinaJakarta, ICMES. China menegaskan sikap teguhnya mendukung perjuangan Palestina, dan pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat di perbatasan tahun 1967 dengan Quds (Yerusalem) Timur sebagai ibukotanya.

Turki dilaporkan mengirim ribuan anggota kelompok teroris ISIS asal Tunisia ke Libya, dan mengirim pula peluncur rudal yang pernah dipakainya untuk menyerang Suriah.

Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi memasuki rumah sakit untuk melakukan beberapa tes.

Tujuh tentara Suriah terluka akibat serangan udara Israel di selatan Damaskus, pada Senin malam.

Berita selengkapnya:

Kecam Israel, Presiden China Nyatakan Dukungannya kepada Palestina

Presiden China Xi Jinping menegaskan sikap teguh negaranya dalam mendukung perjuangan Palestina, kepatuhan pada solusi dua negara, dan pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat di perbatasan tahun 1967 dengan Quds (Yerusalem) Timur sebagai ibukotanya.

Sikap itu dinyatakan Xi Jinping dalam percakapan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Senin (20/7/2020), sembari menekankan penolakan Beijing terhadap langkah-langkah sepihak yang dipandang akan merusak peluang perdamaian serta menyalahi hukum internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Presiden China menambahkan bahwa negaranya mendukung usulan Mahmoud Abbas kepada Dewan Keamanan PBB untuk penyelenggaraan konferensi perdamaian internasional.

Dia menekankan bahwa Beijing memandang penting upaya menghidupkan kembali proses perdamaian sesuai dengan ketentuan internasional dan solusi dua negara, dan bahwa China siap memainkan peran konstruktif dan mendukung upaya segi empat internasional.

Di pihak lain, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan berterima kasih dan penghargaannya atas semua dukungan politik dan ekonomi China kepada bangsa Palestina untuk membantu mereka mencapai kebebasan dan kemerdekaannya. Abbas juga menghargai bantuan medis dan para ahli China untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Palestina.

Abbas menjelaskan perkembangan terbaru isu Palestina, serta berbagai upaya politis dan diplomatik pemerintah Palestina untuk memobilisasi dukungan internasional kepada Palestina dengan tujuan mencegah Israel menerapkan rencana aneksasi yang ditolak oleh dunia Arab maupun khalayak  internasional.

Presiden juga menghargai sikap China dalam mendukung pencapaian perdamaian berdasarkan legitimasi internasional, dan menolak tindakan sepihak yang melanggar resolusi legitimasi internasional.

Abbas dan Xi Jinping sepakat untuk melanjutkan kontak dan koordinasi antara keduanya di masa-masa mendatang. (wafa)

Turki Dilaporkan Kirim Ribuan Anggota ISIS ke Libya

Menjelang pertempuran yang diduga kuat akan terjadi dalam waktu dekat ini di kota Sirte, Libya, pemerintah Turki dilaporkan mengirim ribuan anggota kelompok teroris ISIS asal Tunisia ke Libya, dan mengirim pula peluncur rudal yang pernah dipakainya untuk menyerang Suriah.

Surat kabar Turki Milliyet melaporkan bahwa Ankara mengirim peluncur rudal Takarya S-122 Sakarya buatan Turki ke Libya untuk mendukung pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) dalam persiapan untuk serangan mendatang untuk merebut kota Sirte dan Al-Jafra dari tangan pasukan lawannya, Tentara Nasional Libya (LNA).

Disebutkan bahwa peluncur rudal berjarak tempuh 40 kilometer itu sudah tiba di Libya, dan ditempatkan di dekat Sirte.

Milliyet juga menyebutkan bahwa militer Turki terus memberikan dukungan logistik dan mengirim peralatan militer untuk pasukan GNA di pangkalan Al-Watiyah dan Misrata melalui dua pesawat kargo Angkatan Udara Turki, C-130  dan A400.

GNA sendiri juga terus memobilisasi pasukannya di dekat Sirte, dan mengumumkan akan kedatangan bala bantuan besar, termasuk pasukan yang dilengkapi dengan senjata berat, logistik, dan peralatan militer.

Sirte dan Al-Jafra  oleh Mesir dinyatakan sebagai “garis merah”, sebagai peringatan bagi GNA dan Turki  ihwal upaya keduanya untuk merebut kota dan daerah di bagian tengah-utara Libya tersebut.

Pengiriman Ribuan Anggota ISIS

Laporan lain dari Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) menyebutkan bahwa Turki mengirim lebih dari 2.500  orang Tunisia anggota ISIS dari Suriah ke Libya.

LSM pemantau perang Suriah yang dekat dengan kubu oposisi Suriah itu menyebutkan: “Atas perintah pemerintah Turki, intelijen Turki telah memindahkan kelompok-kelompok Jihadis dan anggota ISIS dari berbagai negara asing, dari Suriah ke Libya dalam beberapa bulan terakhir. Menurut statistik SOHR, intelijen Turki memindahkan lebih dari 2.500 anggota ISIS Tunisia ke Libya, di antara ribuan ISIS Tunisia lainnya yang beroperasi di Suriah.”

SOHR merinci bahwa jumlah total rekrutan dari Suriah yang telah tiba di Libya kini mencapai 16.000 orang, termasuk 340 anak di bawah usia 18 tahun. (amn)

Raja Saudi Masuk Rumah Sakit, Kunjungan PM Irak Ditunda

Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi memasuki rumah sakit untuk melakukan beberapa tes, Senin (20/7/2020).

Kantor berita Saudi, SPA, melaporkan pengumuman dari pihak Royal Court yang berbunyi; “Khadimul Haramain memasuki Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal di Riyadh untuk melakukan beberapa tes karena mengalami radang kandung empedu.”

Tak ada keterangan lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan Raja Arab Saudi dalam pernyataan itu.

Laporan tentang Raja Salman itu diakhiri dengan doa untuk kesehatan dan kesejahteraannya.

Hari itu pula Saudi mengumumkan penundaan kunjungan Perdana Menteri Irak Mustafa Kadhimi ke Riyadh setelah Raja Salman masuk rumah sakit.

Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan melalui Twitter di Twitter memberitahukan penundaan itu beberapa jam setelah Royal Court mengumumkan masuknya Raja Salman ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis.

“Kerajaan menghargai pilihan Perdana Menteri Irak untuk mengunjunginya sebagai negara pertama setelah dia menjabat,” ungkap Faisal.

Dia menambahkan, “Untuk merayakan kunjungan yang sangat penting ini dan keinginan untuk menyediakan segala cara untuk mewujudkannya, para pemimpin kami yang bijaksana, dalam koordinasi dengan saudara-saudara kami di Irak, memilih untuk menunda kunjungan sampai setelah Raja Salman dipulangkan dari rumah sakit.”

Duta besar Irak untuk Riyadh, Qahtan al-Janabi, Ahad lalu dalam pernyataan persnya menyebutkan bahwa kunjungan Kadhimi akan fokus pada pengembangan hubungan Irak dengan lingkungan Arab serta negara-negara jirannya. (raialyoum)

Israel Serang Suriah, Tujuh Tentara Terluka

Tujuh tentara Suriah terluka akibat serangan udara Israel di selatan Damaskus, pada Senin malam (20/7/2020), menurut laporan media resmi Suriah.

Mengutip sumber militer, kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan; “Pesawat-pesawat tempur musuh, Israel, mengarahkan beberapa tembakan rudal ke arah selatan Damaskus. Pasukan pertahanan udara kami telah menghadapinya sehingga sebagian besarnya tertembak jatuh. Agresi ini melukai tujuh tentara, dan menyebabkan kerusakan material.”

Koresponden AFP di Damaskus mengaku mendengar suara ledakan kuat.

Rami Abdul Rahman, direktur SOHR, menyatakan setidaknya enam rudal telah menargetkan situs-situs milik pemerintah Suriah dan milisi pro-Iran di selatan ibukota Damaskus.

Dia juga mengklaim “pertahanan udara tidak mencegatnya,” namun SANA merilis penggalan video yang memperlihatkan sebuah bola api melayang dan kemudian meledak di angkasa malam.

Seorang juru bicara militer Israel saat dihubungi AFP menolak mengomentari laporan mengenai serangan tersebut.

Sejak awal konflik di Suriah pada 2011Israel telah melancarkan beberapa serangan ke wilayah Suriah, namun jarang sekali bersedia mengakui serangan itu. (raialyoum)