Rangkuman Berita Utama Timteng Selasa 17 November 2020

walid muallemJakarta, ICMES. Berbagai negara menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Menlu Suriah Walid Muallem pada usia 79 tahun.

Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, mengecam keras keputusan Rezim Zionis Israel mengeluarkan tender proyek pembangunan 1257 unit permukiman baru dekat kota Quds (Yerussalem).

Komandan Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigjen Amir Ali Hajizadeh menegaskan bahwa Iran tetap akan membalas darah jenderal legendarisnya Qasem Soleimani yang telah dibunuh oleh pasukan AS di Baghdad, Irak, pada Januari 2020.

penerbangan langsung pertama dari Manama ke Tel Aviv akan lepas landas pada hari Rabu besok (18/11/2020), dan akan membawa antara lain delegasi AS dan delegasi Bahrain untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat Israel.

Berita Selengkapnya:

Berbagai Negara Sampaikan Belasungkawa atas Wafatnya Menlu Suriah

Berbagai negara menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Menlu Suriah Walid Muallem pada usia 79 tahun, Senin (16/11/2020).

Dari Palestina, ucapan takziyah yang disampaikan oleh berbagai pihak, termasuk Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam pesannya kepada Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Palestina serta saya pribadi, kami menyampaikan takziah dari hati yang terdalam dan  dari rasa persaudaraan kepada Yang Mulia, keluarga Al-Marhum, serta pemerintah dan rakyat Suriah, sembari memohon kepada Al-Maula Azza wa Jalla agar Al-Marhum mendapat keluasan rahmat-Nya, dan menempatkannya di dalam surga-Nya, serta menjaga Yang Mulia dan Republik Arab Suriah serta bangsanya dengan segala kebaikan dan perdamaian,” ungkap Mahmoud Abbas.

Kantor berita Palestina, Wafa, menyebut Muallem telah menghabis banyak usianya untuk berbakti kepada negara, bangsa, dan umat, termasuk dalam isu Palestina.

Takziyah juga disampaikan oleh Aliansi Pasukan Palestina (APF) dengan menyatakan, “Kami berduka cita atas berita wafatnya Walid Al-Maullem, sang pemimpin besar nasional, karena tergolong salah satu pahlawan diplomatik Suriah yang telah menghabiskan banyak usianya demi urusan rakyat dan umatnya serta menjadi tulang punggung diplomasi Suriah di berbagai forum Arab dan internasional.”

APF juga menyatakan turut kehilangan atas wafatnya Muallem yang disebutnya gigih membela Palestina serta melawan terorisme dan blokade.

Dari Libanon ucapan belasungkawa disampaikan oleh Presiden Michel Aoun, ketua parlemen Nabih Berri, dan kelompok pejuang Hizbullah. Mereka antara lain menyebutkan bahwa Moallem berpulang ke rahmat Allah di saat pengabdiannya masih dibutuhkan negara, rakyat, dan umatnya.

Dari Rusia Menlu Sergey Lavrov dalam belasungkawanya menyebut Moallem sebagai “sosok diplomat bijaksana, yang telah menunaikan misinya secara efektif” dan “telah berkiprah besar dalam pengembangan hubungan bilateral Rusia-Suriah”.

Dari Irak Kemenlu negeri 1001 Malam ini dalam belasungkawa yang disampaikan melalui siaran persnya  menyebut Moallem sebagai sosok negarawan yang telah memberikan banyak sumbangsih kepada bangsa dan umatnya selama sekian dekade.

Dari China pernyataan belasungkawa disampaikan oleh duta besarnya di Damaskus sembari menyebut Muallem sebagai sahabat dekat.

Berbagai negara lain, termasuk Iran dan Oman, juga menyatakan belasungkawa atas wafatnya Walid Muallem pada dini hari Senin waktu setempat. (rta/alalam)

Al-Azhar Minta Masyarakat Internasional Hentikan Proyek Permukiman Zionis di Quds

Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, mengecam keras keputusan Rezim Zionis Israel mengeluarkan tender proyek pembangunan 1257 unit permukiman baru dekat kota Quds (Yerussalem).

“Keputusan itu tak berlaku serta merupakan pelanggaran terbuka terhadap keputusan-keputusan sah internasional, sehingga masyarakat dan lembaga-lembaga internasional berkewajiban menunaikan tanggungjawab hukum dan moralnya, dan mengambil sikap tegas demi menghentikan tindakan-tindakan lalim yang mencampakkan keputusan-keputusan internasional itu,” ungkap Al-Azhar dalam sebuah pernyataannya, Senin (16/11/2020).

Al-Azhar menilai keputusan itu bertujuan “mengubah realitas demografis dan mengabaikan identitas Palestina yang pribumi”.

Karena itu, Al-Azhar menegaskan dukungan penuhnya kepada perjuangan Palestina “demi membebaskan negerinya yang diduduki dan membela kesucian kami yang dilanggar”.

Al-Azhar memuji resistensi Palestina serta mendesak masyarakat internasional agar mendukung perjuangan bangsa Palestina dalam “melawan keputusan zalim dan  terorisme Zionis ini”. (rta)

Pasukan Elit Iran Tegaskan lagi Kepastian Pembalasan Darah Jenderal Soleimani

Komandan Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigjen Amir Ali Hajizadeh menegaskan bahwa Iran tetap akan membalas darah jenderal legendarisnya Qasem Soleimani yang telah dibunuh oleh pasukan AS di Baghdad, Irak, pada Januari 2020.

Hal itu dinyatakan Hajizadeh dalam pertemuannya dengan Menteri Pertahanan Irak Juma Imad Sadoun yang berkunjung ke Teheran bersama delegasi yang menyertainya termasuk Komandan Angkatan Udara Irak, Panglima Angkatan Bersenjata Mayjen Maan Zaid Ibrahim al-Saadi dan Mayor Jenderal Angkatan Udara Angkatan Darat Irak Samir Zaki Hussein.

Saat menghadiri IRGC Aerospace Force National Technology Park, delegasi militer Irak mengunjungi pameran permanen pencapaian terbaru dan kapabilitas strategis Pasukan Dirgantara IRGC Aerospace.

Hajizadeh menyatakan bahwa prestasi yang diraih IRGC di bidang drone, misil, pertahanan, penerbangan, radar, dan luar angkasa merupakan hasil dari perjuangan tak kenal lelah para pemuda berbakat Iran.

Dia menyebutkan pentingnya pengembangan kerjasama pertahanan dan pertukaran pengalaman antara kedua negara serta menekankan keharusan mewaspadai strategi jahat dan konspirasi musuh umat Islam, terutama “rezim teroris AS”.

Mengenai keterbunuhan Janderal Soleimani di tangan pasukan AS, Brigjen Hajizadeh memastikan Iran akan membalas darah tokoh legendaris Iran itu.

Kepada para petinggi Irak itu dia mengatakan, “Bangsa Iran dan Irak tidak akan pernah melupakan  bahwa teroris AS telah membunuh Haji Qasem Soleimani yang merupakan tamu di negara Anda, sebagaimana kita tidak akan pernah melupakan bahwa AS juga telah membunuh pahlawan nasional Irak Syahid Abu Mahdi al-Muhandis.”

Abu Mahdi Al-Muhandis adalah mantan wakil ketua pasukan relawan Irak Al-Hashd al-Shaabi yang juga terbunuh dalam peristiwa serangan udara AS yang menewaskan Soleimani di dekat Bandara Internasional Baghdad.

Di pihak lain, Menhan Irak Juma Imad Sadoun mengapresiasi bantuan besar Iran kepada tentara dan rakyat Irak dalam penumpasan kelompok teroris ISIS yang pernah merajalela di Irak.

Dia mengatakan, “Irak sama sekali tidak akan melupakan dukungan persaudaraan yang telah diberikan Republik Islam Iran kepada Irak dalam menghadapi ISIS.” (mehr/alalam)

Penerbangan Perdana Bahrain-Israel akan Dilakukan Rabu Besok

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa penerbangan langsung pertama dari Manama ke Tel Aviv akan lepas landas pada hari Rabu besok (18/11/2020), dan akan membawa antara lain delegasi AS dan delegasi Bahrain untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat Israel.

Penerbangan itu dilakukan kurang dari sebulan setelah perjalanan serupa dari Tel Aviv ke Manama.

Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan bahwa utusan Presiden AS Donald Trump untuk Timur Tengah, Avi Berkowitz, akan memimpin delegasi AS ke Bahrain dan Israel pada pekan ini untuk membahas “penguatan kerjasama ekonomi antara kedua negara.” .

Berkowitz, anggota tim yang dipimpin oleh Jared Kushner, penasihat utama Trump untuk membantu perundingan  kesepakatan Bahrain-Israel, bergabung dengan pejabat Bahrain pada penerbangan komersial langsung pertama dari Bahrain ke Israel.

Delegasi AS dan Bahrain akan bertemu dengan pejabat senior Israel pada hari Rabu.

Penerbangan pertama dari Israel ke Bahrain melintasi wilayah udara Arab Saudi pada 18 Oktober.

Arab Saudi telah membuka wilayah udaranya untuk pesawat yang berangkat dan datang dari Israel ke Emirates dan Bahrain, setelah mereka menandatangani dua perjanjian untuk menormalisasi hubungan dengan Israel. (rta)