Rangkuman Berita Utama Timteng Sabtu 24 April  2021

yaman yahya sareeJakarta, ICMES. Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree mengumumkan pihaknya telah menggempur pabrik minyak Saudi Aramco dan Pangkalan Udara (Lanud) King Khalid, Arab Saudi.

Kementerian Pertahanan AS, Pentagon, menyatakan bahwa Iran telah membuat kemajuan besar dalam pengembangan rudal balistik dan pesawat nirawak (drone) selama beberapa tahun terakhir.

Ratusan pemukim Israel menyerang warga Palestina di sejumlah kawasan di kota pendudukan Quds  (Baitul Maqdis/Yerusallem) sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari (22-23/4), sementara bentrokan warga Palestina di kota itu dengan pasukan Israel menyebabkan seratusan warga Palestina menderita luka.

Berita Selengkapnya:

Ansarullah Gempur Pabrik Minyak Saudi Aramco dan Dekati Pinggiran Kota Ma’rib

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) Brigjen Yahya Saree mengumumkan pihaknya telah menggempur pabrik minyak Saudi Aramco dan Pangkalan Udara (Lanud) King Khalid, Arab Saudi, Jumat (23/4).

Dia menyebutkan bahwa serangan itu dilancarkan dengan menggunakan dua drone Qasif K-2 dan satu drone Samad-3, yang semua berhasil menerjang sasaran dengan tepat.

Dia mengatakan bahwa serangan itu merupakan tanggapan atas berlanjutnya agresi, blokade, dan kejahatan Arab Saudi terhadap Yaman.

Yahya Saree memperingatkan bahwa Saudi masih akan menjadi target operasi yang lebih masif jika masih melanjutkan agresi militer dan blokade terhadap bangsa Yaman.

Lanud King Khalid merupakan markas pasukan koalisi pimpinan Saudi yang mengagresi Yaman sejak tahun 2015.

Dalam perkembangan lain perang Yaman, pasukan Ansarullah dan tentara Yaman (kubu Sanaa) terus bergerak maju dalam pertempuran di sekitar Ma’rib, ibu kota provinsi Ma’rib.

Al-Alam, Jumat, melaporkan penyataan saksi mata di dalam kota Ma’rib bahwa suara kecamuk pertempuran sudah terdengar “sangat jelas” di sisi barat kota tersebut.

Disebutkan bahwa pergerakan baru kubu Sanaa terjadi setelah mereka merebut sejumlah posisi strategis di kawasan Tal’ah al-Hamra, kawasan terakhir yang memisahkan mereka dari kota Ma’rib.

Para aktivis pendukung pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbu Mansour Hadi mengakui bahwa kota itu sudah hampir jatuh ke tangan pasukan kubu Sanaa.  Mereka menuntut pertanggungjawaban Hadi dan para petinggi kementerian pertahanannya.

Sumber militer di Sanaa menyatakan bahwa seruan kepada “pasukan bayaran Saudi” agar meletakkan senjata masih berlangsung, dan bahwa kubu Sanaa memberitahu kepada kelompok-kelompok adat di Ma’rib bahwa senjata sitaan dari pasukan bayaran itu nantinya akan diserahkan kepada kelompok-kelompok adat tersebut.

Kawasan Asir di bagian selatan Saudi juga menjadi ajang aksi serangan pasukan Ansarullah dan sekutuya ke posisi-posisi militer Saudi di daerah Abwab Al-Hadid hingga menimpa banyak kerugian jiwa dan peralatan tempur Saudi.

Media Perang Yaman memublikasi rekaman-rekaman video yang memperlihatkan sengitnya pertempuran di daerah perbukitan strategis yang membentang di kawasan tersebut. Terlihat  pula tentara Saudi kabur meninggalkan posisi-posisi mereka sehingga banyak posisi Saudi di sana jatuh ke tangan pasukan Yaman. (mna/alalam)

Pentagon: Iran Maju Pesat Dalam Pengembangan Rudal Balistik dan Drone

Kementerian Pertahanan AS, Pentagon, menyatakan bahwa Iran telah membuat kemajuan besar dalam pengembangan rudal balistik dan pesawat nirawak (drone) selama beberapa tahun terakhir.

Dikutip Rai al-Youm, Jumat (23/4), Komandan Komando Pusat AS (CENTCOM), Kenneth McKenzie, mengatakan, “Rudal-rudal balistik itu merupakan bahaya besar dari Iran. Dalam 5-7 tahun terakhir Iran membuat kemajuan signifikan dan kualitatif untuk rudal-rudal balistik dan penambahan jumlahnya.”

Dia menyebutkan bahwa Iran memiliki sekira 3000 rudal dengan berbagai jarak jangkau.

“Rudal-rudal itu menjadi semakin presisi, hal yang menimbulkan keprihatinan besar kami,” sesalnya.

McKenzie menjelaskan bahwa Iran mulai menginvestasikan sumber daya yang signifikan dalam mengembangkan rudal bersayap dan program drone, “yang telah mencapai kesuksesan besar.”

Dia menekankan bahwa semua itu merupakan perkembangan baru program Iran, dan bahwa para analis AS masih memerlukan waktu untuk mendapatkan informasi tentang ini. (raialyoum)

Kota Suci Quds Rusuh, Pasukan Zionis Lukai 100-an Orang Palestina

Ratusan pemukim Israel menyerang warga Palestina di sejumlah kawasan di kota pendudukan Quds  (Baitul Maqdis/Yerusallem) sejak Kamis malam hingga Jumat dini hari (22-23/4), sementara bentrokan warga Palestina di kota itu dengan pasukan Israel menyebabkan seratusan warga Palestina menderita luka.

Para saksi mata mengatakan bahwa di kawasan Sheikh Jarrah di pusat Quds, puluhan warga Zionis pada dini hari Jumat berusaha menyerang rumah-rumah warga Palestina dengan lemparan batu, tapi warga Palestina yang berjaga-jaga di sana berhasil menghalau mereka.

Saksi mata mengatakan bahwa pemukim Zionis menghancurkan kaca puluhan mobil dan merusak ban beberapa mobil lain jalan Al-Mutran di kawasan tersebut.

Kaum Zionis Israel juga menyerang warga Palestina di kawasan Al-Tallah al-Faransiyyah di kota itu, namun saksi mata mengatakan tak ada korban luka.

Sementara itu, lembaga swadaya masyarakat Jam’iyyah Bulan Sabit Merah Palestina menyatakan bahwa jumlah terakhir korban luka warga Palestina akibat bentrokan mereka dengan pasukan Zionis Israel di pusat kota Quds mencapai 105 orang, 22 di antaranya luka ringan, dan semuanya dievakuasi ke Rumah Sakit Makassed di kota ini.

Para saksi mata mengatakan bahwa skala bentrokan mencakup kawasan Al-Sawanah, Al-Tur, dan Wadi Al-Juz yang berdekatan dengan pusat kota Quds. (raialyoum)