Rangkuman Berita Utama Timteng Sabtu 20 April 2019

kota baghdadJakarta, ICMES: Irak hari ini menjadi tuan rumah pertemuan pemimpin parlemen negara-negara jirannya, termasuk negara-negara yang sebagian terlibat perselisihan tajam dengan sebagian lain, yaitu; Iran, Turki, Suriah, dan Arab Saudi.

46 warga Palestina terluka ketika tentara Israel merepresi para pengunjuk rasa aksi Al-Awdah atau Great March of Return di perbatasan timur Jalur Gaza.

Pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi mengumumkan pihaknya  melancarkan operasi serangan udara khusus untuk “menghancurkan jaringan dan kekuatan pesawat nirawak” di Sanaa, ibu kota Yaman.

Komite Kerjasama Gabungan Iran-Oman telah meneken nota kerjasama militer pada pertemuan ke-15  yang berlangsung di Muskat, ibu kota Oman.

Berita selengkapnya:

Irak Jadi Tuan Rumah Pertemuan Pemimpin Parlemen Negara-Negara Jirannya

Irak hari ini, Sabtu (21/4/2019), akan menjadi tuan rumah pertemuan pemimpin parlemen negara-negara jirannya, termasuk negara-negara yang sebagian terlibat perselisihan tajam dengan sebagian lain, yaitu; Iran, Turki, Suriah, dan Arab Saudi.

Pertemuan dengan tema “Irak, stabilitas dan pembangunan” itu akan dihadiri oleh Ketua Dewan Syura Saudi, Ketua Majelis Nasional Kuwait, Ketua Majelis Rakyat Suriah, anggota parlemen Yordania dan Turki, dan seorang pejabat senior Iran.

Juru bicara ketua parlemen Iran Ali Larijani mengatakan kepada AFP bahwa Larijani meminta maaf kepada otoritas Irak karena tidak dapat menghadiri pertemuan itu.

Kepala Dewan Perwakilan Rakyat Irak Mohammed Halbusi melalui Twitter, Jumat (20/4/2019), setelah bertemu dengan sejawatnya dari Suriah, Hamouda Sabbagh, mengatakan, “Irak yang besar, tulus, dan  menang atas terorisme mendapat kehormatan di mana Baghdad yang Arab, Islam, dan damai didatangi oleh para tetangganya.”

Ketua Majelis Rakyat Suriah sebelumnya telah berpartisipasi dalam pertemuan Uni Parlemen Arab di Amman, Yordania, untuk pertama kalinya sejak pecah perang Suriah pada 2011.

Baghdad saat ini adalah satu-satunya ibu kota Arab yang berkomunikasi secara terbuka dengan semua pihak yang terlibat dalam konflik Suriah, dari Rusia melalui Koalisi Internasional dan Kurdi hingga ke oposisi dan pemerintah Damaskus, yang secara resmi meminta Irak untuk melancarkan serangan udara terhadap kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sejak ISIS kalah secara militer, Irak berusaha mewujudkan misi penting yang sulit dan menjaga keseimbangan dalam hubungan antara sekutu regional dan internasionalnya, meskipun ada perselisihan di antara mereka.

Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi pada Kamis lalu secara resmi berkunjung ke Arab Saudi. (rt)

Pasukan Israel Lukai 46 Pengunjuk Rasa Palestina Di Gaza

Sebanyak 46 warga Palestina terluka, 37 di antaranya terkena peluru tajam serta puluhan orang terkena gas air mata, pada Jumat sore (19/4/2019), ketika tentara Israel merepresi para pengunjuk rasa aksi Al-Awdah atau Great March of Return di perbatasan timur Jalur Gaza.

Lembaga Bulan Sabit Merah Palestina dan rumah sakit di Jalur Gaza itu menyatakan bahwa di antara korban yang berjatuhan kawasan timur Kamp al-Barij terdapat lima paramedis dan empat wartawan. Selain itu, seorang anak kecil terkena bom gas di bagian kepalanya sehingga mengalami kondisi kritis, sementara puluhan orang mengalami sesak napas akibat menghirup gas air mata.

Lembaga itu menyebutkan, sejumlah warga mengalami sesak nafas akibat gas air mata yang ditembakkan oleh tentara Israel kepada para peserta aksi di dekat pos militer Malakah milik Israel di timur di timur Kota Gaza.

Kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan bahwa pasukan Israel juga menyerang warga sipil yang berpartisipasi dalam aksi damai di timur kota Jabalia di Jalur Gaza utara serta timur Khan Younis dan Rafah dengan peluru tajam dan gas air mata, sehingga beberapa orang menderita sesak nafas, dan  satu mobil ambulan milik Bulan Sabit Merah Palestina rusak.

Dalam aksi kali ini massa Palestina di Jalur Gaza membawa slogan “Hari Tahanan Palestina” yang diangkat kembali oleh orang-orang Palestina pada dua hari sebelumnya.

Puluhan tahanan Palestina Senin lalu menghentikan aksi mogok makan selama delapan hari setelah pihak Israel menanggapi tuntutan mereka agar kondisi mereka diperbaiki, isolasi diakhiri, dan telepon umum di penjara dipasang.

Klub Tahanan Palestina menyatakan bahwa Israel saat ini menahan sekitar 5.700 tahanan laki-laki dan perempuan Palestina, termasuk sekitar 500 tahanan administratif yang ditahan tanpa dakwaan apapun. (raialyoum)

Koalisi Arab Lancarkan Operasi Serangan Udara Khusus Di Sanaa

Pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi mengumumkan pihaknya  melancarkan operasi serangan udara khusus untuk “menghancurkan jaringan dan kekuatan pesawat nirawak” di bekas kamp Pasukan Pengawal Republik di sekitar Istana Presiden di Sanaa, ibu kota Yaman, yang dikendalikan oleh kelompok pejuang Ansarullah (Houthi).

Juru bicara pasukan koalisi Arab, Kolonel Turki al-Maliki, mengatakan bahwa pada dini hari ini,  Sabtu (20/4/2019), pasukan udara koalisi melancarkan operasi militer tersendiri untuk menghancurkan tempat-tempat yang digunakan oleh Houthi untuk menyimpan pesawat nirawak.

Maliki menjelaskan bahwa operasi ini merupakan perpanjangan dari operasi militer sebelumnya yang dilakukan oleh pasukan koalisi untuk menggempur dan menghancurkan jaringan dan logistik nirawak seta keberadaan “para ahli asing.”

Juru bicara itu mengklaim bahwa pasukan koalisi menempuh semua langkah yang diperlukan untuk melindungi warga sipil dan menghindarkan mereka dari kerusakan bangunan di luar kamp militer yang berada di dekat lingkungan perumahan dan fasilitas sipil.

Dia juga menuduh kelompok Ansarullah menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia.

Klaim demikian sering dilontarkan oleh pasukan koalisi Arab, namun pada kenyataannya sering kali jatuh korban tewas dan luka dari kalangan warga sipil, termasuk perempuan dan anak kecil, sehingga mengundang kecaman internasional.

Laman berita Al-Alam milik Iran melaporkan bahwa pasukan koalisi Arab melancarkan serangan udara sengit dan terus mengangkasa di angkasa kota Sanaa.

Sumber-sumber lokal menyebutkan bahwa jet tempur pasukan agresor itu telah melancarkan dua serangan ke kawasan al-Nahdain di distrik al-Sab’in di bagian selatan Sanaa.

Media Yaman melaporkan bahwa operasi militer di negara telah memasuki fase baru, setelah provinsi Ibb masuk ke dalam peta konfrontasi militer.  (rt/alalam)

Iran dan Oman Tandatangani Nota Kerjasama Militer dan Lakukan Latihan Bersama

Komite Kerjasama Gabungan Iran-Oman telah meneken nota kerjasama militer pada pertemuan ke-15  yang berlangsung di Muskat, ibu kota Oman, pada Kamis lalu (18/4/2019), demikian dilaporkan kantor berita resmi Fars milik Iran.

Dalam pertemuan itu Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Oman untuk Operasi dan Perencanaan, Brigjen Hamad bin Rashid Al Baloushi, memimpin pihak Oman, sementara Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran untuk Urusan Internasional, Qadir Nizami, memimpin delegasi Iran.

Di sela-sela pertemuan tahunan komite tersebut juga dilaksanakan latihan bersama tahunan operasi “Pencarian dan Penyelamatan Maritim” antara Angkatan Laut Oman dan Angkatan Laut Iran di Laut Oman, dengan melibatkan helikopter  Angkatan Udara dan Polisi Kerajaan serta partisipasi polisi Penjaga Pantai Oman.

Delegasi militer Iran meninggalkan Oman pada hari Jumat (20/4/2019) dengan beberapa kapal perang Angkatan Laut Iran dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) setelah digelar seremoni perpisahan resmi oleh para pejabat Oman. (rt)