Rangkuman Berita Utama Timteng Rabu 20 November 2019

iran-israelJakarta, ICMES. Menteri Luar Negeri Israel,  Israel Katz, melontarkan ancaman kepada Iran dengan pernyataan yang sekaligus juga merendahkan Arab Saudi secara terbuka.

Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan bahwa Iran dapat mengalahkan musuh-musuhnya dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi belakangan di negeri mullah ini.

Wakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, telah mengirim tiga surat kepada PBB berisi kecaman dan penolakan Palestina terhadap pernyataan “Ilegal” AS mengenai permukiman Zionis Israel.

Media Suriah melaporkan bahwa suara ledakan terdengar keras di dekat Bandara Internasional Damaskus, ibu kota Suriah.

Berita selengkapnya:

Israel Mengancam Iran Sembari Meremehkan Arab Saudi

Menteri Luar Negeri Israel,  Israel Katz, melontarkan ancaman kepada Iran dengan pernyataan yang sekaligus juga merendahkan Arab Saudi secara terbuka.

“Israel akan terus mencegah Iran mengambil posisi (di Suriah),… Kami tidak akan terlibat perang atrisi, dan kami bukan Saudi, ” tegas Katz, sembari mengklaim bahwa beberapa roket yang diarahkan ke Israel pada Selasa pagi (19/11/2019) merupakan aksi poros Iran terhadap Israel.

Para pengamat berspekulasi bahwa serangan roket itu, meskipun tidak menjatuhkan korban, merupakan pesan dari Iran bahwa negara republik Islam ini masih dapat menyerang Israel meskipun sedang dilanda gelombang unjuk rasa dan kerusuhan.

Di pihak lain, Israel lantas menanggapi pesan itu dengan ancaman yang dibarengi dengan pelecehan terhadap Saudi, negara yang tak berkutik ketika fasilitas minyaknya mendapat serangan drone dan rudal, yang menurut Saudi, dilancarkan bukan oleh pasukan Yaman, melainkan oleh Iran.

Israel Katz dalam peringatannya kemarin terhadap Iran juga bersumpah bahwa Israel tidak akan membiarkan Iran melancarkan serangan lagi. Dia mengaku prihatin atas adanya ancaman Iran di dekat perbatasan Israel.

Sebelumnya, militer Israel menyatakan bahwa sistem pertahanan udaranya telah merontokkan empat roket yang ditembakkan dari Suriah ke arah Israel. Bersamaan dengan Iran, kantor berita Suriah, SANA, melaporkan adanya suara ledakan di dekat Bandara Damaskus. (raialyoum)

Ayatullah Khamenei: Iran Kalahkan Musuh dalam Insiden Keamanan

Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan bahwa Iran dapat mengalahkan musuh-musuhnya dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi belakangan di negeri mullah ini.

Dalam pertemuan dengan kalangan pengusaha di Teheran, Selasa (19/11/2019), dia menegaskan, “Kawan dan lawan hendaknya mengetahui bahwa kami telah memukul mundur musuh di gelanggang perang militer, politik, dan keamanan.”

Dia menjelaskan, “Praktik yang terjadi dalam beberapa hari terakhir merupakan praktik yang mengusik keamanan, bukan berbasis kerakyatan, dan kami telah memukul mundur musuh di berbagai gelanggang. Dengan pertolongan Allah, kami akan mengalahkan musuh dengan telak di kancah perang ekonomi.”

Pernyataan ini terkait dengan gelombang aksi unjuk rasa dan kerusuhan yang melanda berbagai kota Iran setelah pemerintah menaikkan harga bensin.

Ayatullah Khamenei menegaskan, “Perang ini terkadang diwarnai kebrutalan dan kedengkian, sebagaimana perang ekonomi yang dikobarkan terhadap kita. Embargo (AS) kian meningkat dan akan terus bertambah. Salah jika kita beranggapan bahwa embargo ini akan berakhir dalam jangka waktu satu atau dua tahun ke depan. Embargo ini akan bertahan sampai pemberitahuan selanjutnya.”

Dia lantas menekankan bahwa penyelesaian satu-satunya bagi problematika negara ini ialah penggalakan produksi dalam negeri.

Seperti diketahui, Iran dikenai sanksi dan embargo ekstra ketat oleh AS setelah Presiden AS Donald Trump pada tahun 2018 mengeluarkan negaranya dari perjanjian nuklir sejumlah negara dunia dengan Iran pada tahun 2015. (raialyoum)

alestina Adukan Menlu AS Kepada PBB Ihwal Permukiman Zionis

Wakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, telah mengirim tiga surat kepada PBB berisi kecaman dan penolakan Palestina terhadap pernyataan “Ilegal” AS mengenai permukiman Zionis Israel.

Mansour mengirim tiga surat terpihak kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Ketua Dewan Keamanan dan Ketua Majelis Umum, untuk menegaskan sikap Negara Palestina yang menolak pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengenai “permukiman ilegal Israel di tanah pendudukan Palestina, termasuk Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem) Timur”.

Wakil Tetap Palestina untuk PBB dalam siaran pers, Selasa (19/11/2019), menyatakan bahwa Dewan Keamanan PBB Rabu akan mengadakan pertemuan mengenai Palestina untuk membahas sikap AS yang bertentangan dengan hukum internasional.

Dalam rangka ini, Wakil Tetap Palestina Palestina memulai serangkaian konsultasi dengan anggota Dewan Keamanan, termasuk Kuwait, untuk memobilisasi reaksi internasional di dewan ini terhadap pernyataan sikap AS.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo Senin lalu mengatakan bahwa negaranya tidak lagi menganggap pemukiman Israel di Tepi Barat bertentangan dengan hukum internasional. (wafa)

Ledakan Terjadi Dekat Bandara Damaskus, Israel Hadapi Empat Roket dari Suriah

Media Suriah melaporkan bahwa suara ledakan terdengar keras di dekat Bandara Internasional Damaskus, ibu kota Suriah. Bersamaan dengan ini, militer Israel mengumumkan pihaknya telah mencegat empat roket yang ditembakkan dari Suriah.

Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa suara ledakan-ledakan besar terdengar Selasa pagi waktu setempat (19/11/2019) di dekat Bandara Internasional Damaskus, tanpa memberikan penjelasan mengenai penyebab ledakan.

Di pihak lain, tentara Israel menyatakan sistem pertahanan udara Kubah Besi miliknya telah mencegat empat roket yang melesat dari wilayah Suriah, dan merontokkannya di luar wilayah Israel Selasa di tengah pekikan sirine di Dataran Tinggi Golan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengaitkan ledakan di dekat bandara Damaskus itu dengan penembakan lima roket oleh Israel ke lokasi yang terletak di selatan dan barat daya ibukota Damaskus, di mana sistem pertahanan udara Suriah berhasil menjatuhkan beberapa di antaranya.

Mengutip keterangan beberapa sumbernya, SOHR menambahkan bahwa serangan itu ditujukan Israel ke lokasi penembakan empat roket yang diklaim Israel telah ditembakkan dari wilayah Suriah.

Kantor berita Sputnik  milik Rusia mengutip pernyataan sebuah sumber lapangan bahwa unit pertahanan udara Suriah telah menghadapi serangan Israel tersebut hingga berhasl menjatuhkan sejumlah rudal di sekitar bandara Damaskus.

Sumber anonim itu menyebutkan bahwa sejumlah roket telah ditembakkan dari arah segi tiga Suriah, Lebanon, dan wilayah pendudukan Golan ke posisi-posisi militer Suriah di wilayah pinggiran selatan Damaskus, kemudian pertahanan udara Suriah berusaha mencegat serangan itu dan berhasil menjatuhkan sebagian besar roket di antaranya. (rt)