Rangkuman Berita Utama Timteng Rabu 13 Maret 2019

rouhani dan suku-suku irakJakarta, ICMES: Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa bangsa Iran “berdiri di garis depan” dalam penumpasan ISIS menyusul jatuhnya Mosul di Irak utara ke tangan kawanan teroris takfiri tersebut.

Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) melanjutkan gempuran sengitnya terhadap kawanan teroris ISIS di kota Al-Baghouz di pinggiran timur provinsi Deir Al-Zour di dekat perbatasan antara Suriah dan Irak.

Sumber-sumber Palestina mengumumkan bahwa satu lagi warga Palestina gugur syahid ditembak oleh pasukan Zionis Israel di Tepi Barat.

Pasukan rudal Yaman yang berafiliasi dengan kelompok Ansarullah (Houthi) menggempur “pasukan bayaran” Arab Saudi dan sekutunya di bagian barat distrik Hiran di barat kota Hajjah dengan rudal Badr P-1.

Berita selengkapnya:

Jumpai Suku-Suku Di Irak, Rouhani Nyatakan Iran Terdepan Dalam Penumpasan ISIS

Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa bangsa Iran “berdiri di garis depan” dalam penumpasan ISIS menyusul jatuhnya Mosul di Irak utara ke tangan kawanan teroris takfiri tersebut pada  lima tahun lalu.

Rouhani menyatakan hal tersebut dalam pertemuan dengan kelompok-kelompok suku dan adat di kawasan Eufrat Tengah, Irak, ketika berkunjung ke kota Karbala, Selasa (12/3/2019), sebagaimana dilaporkan kantor berita Turki, Anadolu.

“Kami sangat menghargai semua suku Irak yang bangkit melawan imperialis, dan saya berterima kasih kepada bangsa Irak atas keramahan mereka sebagai tuan rumah dan atas layanan mereka kepada bangsa Iran, terutama dalam ziarah-ziarah yang melibatkan jutaan umat,” ungkap Rouhani.

Dia menambahkan, “Pada 2014, setelah jatuhnya Mosul (ke tangan ISIS), dan terorisme mengancam seluruh Irak, rakyat Iran berdiri di garis depan untuk memerangi organisasi ini.”

Dia juga mengungkapkan rasa gembiranya atas eratnya hubungan antara bangsa Iran dan bangsa Irak.

“Kami sangat senang melihat hubungan yang sangat baik antara kedua bangsa, dan kami sangat senang bahwa rakyat Irak bersama kami dalam segala keadaan,” tuturnya.

Rouhani tiba di Baghdad, Senin (11/3/2019), dalam rangka kunjungan resmi pertama kalinya ke Irak yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari.

Di Negeri 1001 Malam dia telah mengadakan pertemuan dengan sejawatnya, Presiden Barham Salih, Perdana Menteri Adel Abdul-Mahdi dan Ketua Parlemen Mohamed Halbousi.

Presiden Iran dijadwalkan juga akan menemui ulama besar Irak Sayyid Ali al-Sistani di kota Najaf hari ini, Rabu(11/3/2019). (raialyoum)

Pertempuran Sengit Di Al-Baghouz, ISIS Balas Serangan SDF Dengan Roket Termal

Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang ditulang punggungi oleh milisi Kurdi Suriah melanjutkan gempuran sengitnya terhadap kawanan teroris ISIS di kota Al-Baghouz di pinggiran timur provinsi Deir Al-Zour di dekat perbatasan antara Suriah dan Irak.

Juru bicara SDF Kenor Jibrail, Selasa (12/3/2019), kepada kantor berita Jerman (DPA) mengatakan, “Operasi militer SDF berlanjut di kamp Al-Baghouz dan telah terjadi bentrokan di dua daerah secara luas dan intensif di garis depan, dan ISIS melakukan perlawanan dengan menggunakan bom mobil dan roket termal. ”

Dia menambahkan,”Pasukan kami mampu membendung serangan mereka melalui serangan udara pasukan koalisi di berbagai titik dan tempat konsentrasi ISIS. Hari ini bentrokan berlanjut dan diperkirakan akan berlanjut selama dua hari ke depan.”

Menggenai pengerahan bom mobil oleh ISIS Jibrail menjelaskan, “Mereka (ISIS) belum dapat mencapai titik-titik pasukan kami karena ada reaksi dari pasukan kami dan Aliansi Internasional dalam penargetan bom mobil dan pembom bunuh diri. Kami menjalin koordinasi yang tinggi antara pasukan kami dan pasukan koalisi, dan mengandalkan pengalaman yang terbentuk selama beberapa tahun terakhir.”

Sumber di oposisi Suriah menyatakan bahwa pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat yang menyokong SDF tersebut telah menyerang warga sipil di kamp Al-Baghouz dengan fosfor putih pada Senin malam.

“Padahal penggunaan senjata fosfor oleh pasukan koalisi dilarang oleh internasional,” ungkap seorang narasumber kepada BBC.

Dia juga menyebutkan bahwa penggunaan ini bukan hal baru, dan telah digunakan secara luas di kota Raqqah dan berbagai daerah lain.

Di pihak lain, dalam rekaman video pada Senin malam lalu ISIS menyatakan bahwa para pendukungnya yang terkepung di Al-Baghouz masih berada dalam kondisi stabil dalam menghadapi kepungan dan serangan.

ISIS juga menyerukan kepada para pendukungnya di Al-Baghouz agar “solid” dalam menghadapi serangan darat dan udara. (raialyoum)

Satu Lagi Pemuda Palestina Gugur Ditembak Pasukan Zionis Di Tepi Barat

Sumber-sumber Palestina mengumumkan bahwa satu lagi warga Palestina gugur syahid ditembak oleh pasukan Zionis Israel di Tepi Barat, Selasa malam (12/3/2019).

Sumber-sumber itu menjelaskan bahwa seorang warga Palestina ditembak di bagian jantung saat terlibat bentrokan dengan pasukan Israel yang menyerbu kota Salfit sebelum korban dinyatakan meninggal.

Sebelumnya, seorang pemuda Palestina berusia 27 tahun ditembak mati pada Selasa sore di sebuah pos pemeriksaan militer di kota al-Khalil (Hebron) di bagian selatan wilayah Tepi Barat.

Kantor berita Palestina,Maan, melaporkan bahwa pemuda itu adalah pegawai Pengadilan Islam dan ditembak ketika sedang melaksanakan tugasnya menyampaikan pemberitahuan.

Di pihak lain, pasukan Zionis mengklaim bahwa pemuda Palestina itu mencoba melakukan penikaman dengan senjata tajam terhadap pasukan Israel sebelum ditembak mati.

Ahad lalu seorang pemuda Palestina juga gugur dan dua lainnya terluka ketika tembakan Israel menyasar mereka di sebuah mobil di sebuah pos pemeriksaan militer di Jericho,Tepi Barat.

Sementara itu, Departemen Wakaf Islam di kota al-Quds (Yerusalem) memublikasi sebuah video yang memperlihatkan sejumlah besar polisi Israel di sekitar Kubah al-Sakhra di komplek Masjid al-Aqsa, dan terlihat pula penangkapan terhadap setidaknya tiga warga Palestina dari halaman Masjid al-Aqsa.

Selain itu, polisi Israel juga menghalangi kedatangan jamaah dan para pekerja komplek tersebut. (raialyoum)

Ansarullah Gempur Pasukan Lawannya Dengan Rudal Badr P-1

Pasukan rudal Yaman yang berafiliasi dengan kelompok Ansarullah (Houthi) menggempur “pasukan bayaran” Arab Saudi dan sekutunya di bagian barat distrik Hiran di barat kota Hajjah dengan rudal Badr P-1.

Sebuah sumber dari pasukan rudal Yaman itu memastikan kepada saluran al-Masirah milik Ansarullah bahwa rudal itu berhasil menghantam sasaran di barat Hiran hingga menjatuhkan korban tewas dan luka di pihak milisi lawannya.

Pada hari Rabu pekan lalu pasukan rudal Yaman juga menarget sekelompok “pasukan agresor bayaran” di kawasan Gurun Midi dengan rudal balistik dari jenis yang sama. (alalam)