Rangkuman Berita Utama Timteng Kamis 30 Januari 2020

tentara suriah kibarkan benderaJakarta, ICMES. Tentara Suriah mengumumkan keberhasilannya merebut kota Maarat al-Nu’man setelah beberapa minggu menjalani pertempuran sengit melawan kawanan teroris dan militan oposisi.

Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan bahwa prakarsa AS untuk penyelesaian konflik Palestina-Israel yang dinamai “Perjanjian Abad Ini” akan kandas karena dilawan oleh bangsa Palestina dan umat Islam.

Militer Israel menyatakan bahwa untuk pertama kalinya sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan Perjanjian Abad Ini, roket Palestina telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Sebuah kapal tanker minyak terbakar di Teluk Persia di lokasi yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Pelabuhan Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).

Berita selengkapnya:

Tentara Suriah Kuasai Penuh Kota Kota Kedua Terbesar di Provinsi Idlib

Tentara Suriah, Rabu (29/1/2020), mengumumkan keberhasilannya merebut kota Maarat al-Nu’man setelah beberapa minggu menjalani pertempuran sengit melawan kawanan teroris dan militan oposisi.

Dilaporkan bahwa dengan menguasai kota kedua terbesar di Provinsi Idlib di barat laut Suriah itu, tentara Suriah semakin mendekati tujuannya menguasai jalur strategis internasional.

Provinsi Idlib dan kawasan yang berbatasan dengannya dihuni oleh tiga juta penduduk yang separuhnya adalah pengungsi. Sejak Desember 2019, provinsi ini dilanda eskalasi militer di mana tentara Suriah dan Rusia berkonsentrasi di kawasan selatan Provinsi Idlib dan bagian barat Provinsi Aleppo, yang dilintasi oleh sebagian jalur internasional yang menghubungkan Aleppo dengan Damaskus.

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah, tentara Suriah mengumumkan, “Pasukan pemberani kami telah berhasil menyingkirkan teroris di banyak desa dan kota dalam beberapa hari terakhir.”

Tentara Suriah menyebutkan jumlah sekitar 20 kota dan desa, termasuk Maarat al-Nu’man, yang telah berhasil mereka bebaskan dari pendudukan kawanan teroris, dan “masih akan mengejar organisasi teroris bersenjata yang tersisa sampai seluruh wilayah Suriah terbersihkan dari kekejian terorisme dengan segala namanya.”

Kelompok Hayat Tahrir Sham yang semula bernama Jabhat al-Nusra menguasai sebagian besar wilayah Provinsi Idlib yang juga dihuni oleh beberapa kelompok oposisi Suriah lain yang pengaruhnya tidak seberapa besar.

Tentara Suriah memasuki Maarat al-Nu’man pada Selasa lalu setelah mengepungnya secara total dan setelah sebagian besar pasukan kelompok-kelompok militan bersenjata keluar dari sana. (raialyoum)

Ayatullah Khamenei: Umat Islam Melawan “Perjanjian Abad Ini”

Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei menyatakan bahwa prakarsa AS untuk penyelesaian konflik Palestina-Israel yang dinamai “Perjanjian Abad Ini” akan kandas karena dilawan oleh bangsa Palestina dan umat Islam.

Ayatullah Khamenei di Twitter, Rabu (29/1/2020), menyatakan, “Dengan taufik dari Allah, politik keji dan jahat AS yang dinamai Perjanjian Abad Ini tidak akan terwujud. Mereka melakukan tindakan yang sangat bodoh ketika mengupayakan Judaisasi Baitul Maqdis (Quds/Yerussalem) dan menyatakan bahwa kota ini harus jatuh ke tangan Yahudi.”

Pada postingan selanjutnya, Pemimpin Besar Iran menyatakan, “Perkara Palestina tidak akan terlupakan, bangsa Palestina dan seluruh bangsa-bangsa Muslim tidak akan memperkenankan mereka menerapkan Perjanjian Abad Ini.”

Sebelumnya, penasehat politik Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC/Pasdaran) Brigjen Yadollah Javani menyatakan bahwa prakarsa AS justru membuka babak baru resistensi bangsa Palestina dan perjuangan mereka untuk membebaskan Quds dari pendudukan kaum Zionis Israel.  Dia juga menilai prakarsa itu sebagai kesalahan strategis “presiden bodoh AS”. (raialyoum)

Pertama Sejak Pengumuman Perjanjian Abad Ini, Roket Ditembakkan dari Gaza ke Israel

Militer Israel pada Rabu malam (29/1/2020) menyatakan bahwa untuk pertama kalinya sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan Perjanjian Abad Ini, roket Palestina telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Perjanjian Abad ini adalah prakarsa AS untuk perdamaian Palestina-Israel, namun ditolak mentah-mentah oleh Palestina dan disambut baik hanya oleh Rezim Zionis Israel.

Militer Israel dalam sebuah pernyataannya saat itu menyebutkan, “Beberapa menit lalu telah ditembakkan sebuah roket dari Jalur Gaza ke Israel”.

Menurut militer Israel, penembakan roket itu dilakukan tak lama setelah mereka memperkuat keberadaannya di wilayah pendudukan Tepi Barat dan di dekat Jalur Gaza.

Pada Rabu sore militer Israel mengerahkan balatentaranya di Tepi Barat dan di dekat perbatasan Israel dengan Jalur Gaza untuk mengantisipasi kemarahan orang-orang Palestina menyusul pengumuman Perjanjian Abad Ini.

“Setelah dilakukan evaluasi, maka diputuskan untuk penguatan pasukan di dua front Yudea dan Samaria serta  Jalur Gaza dengan balatentara,” bunyi pernyataan militer Israel. “Yudea dan Samaria” adalah nama yang dipakai dalam kitab Talmud dalam menyebut kawasan Tepi Barat.

Tak ada keterangan mengenai akibat penembakan roket itu, namun biasanya pihak Israel menyatakan bahwa roket yang ditembakkan dari Gaza jatuh di tempat terbuka sehingga tidak menimbulkan korban dan kerugian, meskipun dalam beberapa kasus terungkap adanya korban dan kerugian. (raialyoum)

Kapal Tanker Minyak Terbakar di Teluk Persia

Sebuah kapal tanker minyak terbakar di Teluk Persia di lokasi yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Pelabuhan Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).

Hasil investigasi awal menyebutkan kebakaran terjadi di atas kapal Norwegia MV Osprey sebagai akibat kecelakaan dalam aktivitas pemeliharaan, dan jumlah awaknya belum diketahui.

Sebuah rekaman video beredar dan memperlihatkan kepulan asap tebal dari kapal tersebut.

Seorang naraumber mengatakan kepada The National yang berbasis di UEA bahwa otoritas penjaga pantai negara ini telah membantu operasi pemadaman api, dan semua kru berhasil diselamatkan.

Associated Press mengutip pengakuan para pejabat AS bahwa mereka mengetahui insiden di kawasan yang belakangan kerap diwarnai ketegangan antara Iran dan AS itu sehingga Inggris juga mengeluarkan peringatan bagi kapal yang berlayar di sana.

Insiden demikian adalah yang ketiga kalinya pada kapal yang berlayar dari UEA dalam dua minggu terakhir.

Pada hari Minggu lalu kebakaran terjadi pada kapal pesiar Dubai Marina, dan pada 17 Januari lalu sebuah kapal meledak di Burj Al-Arab setelah mesinnya gagal dan tumpahan bahan bakar yang bocor terbakar.

Ketegangan meningkat di Teluk Persia, terutama setelah AS membunuh jenderal tersohor Iran di Irak, dan Iranpun membalasnya dengan menembakkan belasan rudal ke pangkalan militer AS di Irak. (presstv)