Rangkuman Berita Utama Timteng Kamis 25 Juni 2020

armada kapal perang iranJakarta, ICMES. Wakil Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Muda Gholamreza Tahani menyatakan pihaknya mengirim armada kapal perangnya ke berbagai perairan internasional untuk menjamin keamanan navigasi kapal tanker dan kargonya.

Komandan Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Abdolrahim Mousavi mengumumkan pasukannya akan dilengkapi dengan peralatan militer modern baru pada akhir tahun ini menurut kalender Iran (19 Maret 2021).

Kepala parlemen yang berbasis di bagian timur Libya, Aguila Saleh, mendesak Mesir untuk menanggapi secara militer jika pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) dan sekutunya, pasukan Turki dan militan yang berdatangan dari Suriah, menyerang kota strategis Sirte.

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan satu tentara Turki tewas dan dua lainnya terluka di bagian tenggara negara ini setelah mendapat tembakan dari wilayah Iran di daerah perbatasan kedua negara.

Berita selengkapnya:

Iran Kirim Armada ke Berbagai Perairan Internasional untuk Keamanan Kapal-Kapalnya

Wakil Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Muda Gholamreza Tahani menyatakan pihaknya mengirim armada kapal perangnya ke berbagai perairan internasional untuk menjamin keamanan navigasi kapal tanker dan kargonya.

“Armada operasional kapal perang kami dikerahkan di perairan bebas di seluruh dunia untuk mengamankan navigasi para pelaut,” ungkap Tahani, Rabu (24/6/2020).

Dia menegaskan besarnya kekuatan dan solidnya tekad AL Iran dalam penunaian misinya.

Tahani menyatakan demikian ketika kapal keenam Iran yang mengangkut bahan makanan dan pasokan medis berlabuh di pelabuhan La Guayra di Venezuela untuk membantu negara Amerika Latin ini memerangi pandemi virus corona (Covid-19) meskipun mendapat penentangan dan ancaman dari Amerika Serikat (AS).

Kapal Golsan yang telah meninggalkan Iran lebih dari sebulan lalu sudah tiba di Venezuela, dan menjadi kapal keenam yang mendatangi Venezuela tanpa menggubris ancaman AS.

Sebelumnya dilaporkan kapal berbendera Iran itu meninggalkan pelabuhan Bandar Abbas pada pertengahan Mei dan sekarang sudah berada di perairan teritorial Venezuela.

Duta Besar Iran untuk Venezuela, Hojjat Soltani, di halaman Twitter-nya, pada Ahad lalu menyebutkan bahwa Golsan membawa bahan makanan dan pasokan medis untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Venezuela.

Pada awal bulan ini, lima tanker minyak Iran membawa jutaan barel bensin dan komponen merapat ke Venezuela yang menderita krisis bahan bakar minyak, dan kini lima kapal itu berada dalam perjalanan pulang ke Iran.

Presiden Venezuela Nicolás Maduro berterima kasih atas dukungan Iran, dan menekankan bahwa Caracas dan Teheran sama-sama menginginkan perdamaian, dan berhak untuk melakukan perdagangan bebas. (mm/fna)

Akan Dibekali Perlengkapan Militer Baru, Tentara Iran Beri Peringatan Keras lagi kepada AS

Komandan Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Abdolrahim Mousavi mengumumkan pasukannya akan dilengkapi dengan peralatan militer modern baru pada akhir tahun ini menurut kalender Iran (19 Maret 2021).

“Peralatan baru akan dipasok ke Angkatan Bersenjata pada akhir tahun ini. Peralatan tersebut akan digunakan di medan-medan darat, pertahanan udara, udara dan laut,” ujar Mousavi dalam kata sambutannya pada sebuah pertemuan di Teheran, Rabu (24/6/2020).

Dia memperingatkan musuh-musuh Iran untuk tidak mencoba mengusik kepentingan nasional Iran karena negara republik Islam ini pasti akan membalas.

Peringatan senada juga pernah dinyatakan oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Baqeri pada April lalu. Dia menegaskan bahwa “para petualang hendaklah tidak salah langkah”, dan bahwa “rencana jahat musuh akan gagal”.

“Kami tidak akan mengizinkan kesalahan apa pun dilakukan oleh para petualang dan orang-orang rakus terhadap negara ini,” tegasnya pada momen peringatan Hari Angkatan Bersenjata Iran.

“Peran brilian Angkatan Bersenjata yang penuh pengabdian dalam meningkatkan kemampuan pertahanan dan pencegahan menandakan perjuangan yang solid dan ilmiah terkait dengan iman dan keberanian melangkah di arena-arena canggih teknologi pertahanan,” katanya.

Baqeri memuji “prestasi menakjubkan” Angkatan Bersenjata Iran di semua bidang, serta peranan pentingnya dalam pengendalian wabah Covid-19. (fna)

Ketua Parlemen Libya Timur Serukan Intervensi Militer Mesir

Kepala parlemen yang berbasis di bagian timur Libya, Aguila Saleh, mendesak Mesir untuk menanggapi secara militer jika pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) dan sekutunya, pasukan Turki dan militan yang berdatangan dari Suriah, menyerang kota strategis Sirte.

Seperti dikutip oleh kantor berita resmi Mesir, MENA, Rabu (24/6/2020), Saleh menyatakan bahwa intervensi Mesir di Libya akan menjadi “sah … jika teroris dan milisi bersenjata melewati garis merah”.

Dia menambahkan, “Rakyat Libya secara resmi meminta Mesir untuk campur tangan dengan pasukan militer jika hal ini diperlukan untuk menjaga keamanan nasional Libya dan keamanan nasional Mesir.”

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi sendiri pada akhir pekan lalu menyatakan bahwa serangan terhadap kota Sirte ataupun daerah Jufra tak ubahnya dengan melangkahi “garis merah”.

Dia lantas memperingatkan bahwa Mesir yang menyokong Tentara Nasional Libya (LNA) dalam perang melawan GNA dapat melakukan intervensi militer untuk melindungi perbatasan baratnya dengan negara kaya minyak itu.

Menanggapi pernyataan ini, GNA menyebut el-Sisi telah  menyampaikan “deklarasi perang”.

Senin lalu seorang pejabat anonim Turki menyatakan bahwa intervensi militer Mesir di Libya tidak akan menghalangi dukungan Turki kepada sekutunya di Libya.

“Pernyataan El-Sisi tidak berdasar … Turki dan Libya tidak akan menyimpang dari tekad mereka,” katanya. (aljazeera/amn)

Satu Tentara Turki Tewas dan Dua Luka Terkena Tembakan dari Wilayah Iran

Kementerian Pertahanan Turki, Rabu (24/6/2020), menyatakan satu tentara Turki tewas dan dua lainnya terluka di bagian tenggara negara ini setelah mendapat tembakan dari wilayah Iran di daerah perbatasan kedua negara.

Pernyataan itu tidak menyebutkan siapakah pihak yang telah melepaskan tembakan terhadap tentara Turki tersebut

Kementerian Pertahanan Turki menjelaskan bahwa pasukan Turki mendapat tembakan ketika sedang melakukan misi pengamatan dan pengintaian di sepanjang perbatasan di provinsi Hakkari di bagian tenggara Turki yang berbatasan dengan Iran.

Turki memerangi kelompok pemberontak Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di sekitar perbatasannya dengan Suriah dan Irak sejak beberapa dekade silam, serta berurusan pula dengan kelompok Partai Hidup Bebas Kurdistan (PJAK) yang bersekutu dengan PKK di perbatasannya dengan Iran, sementara Iran juga juga memerangi PJAK.

Di hari yang sama, Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) dilaporkan mengerahkan pasukan di perbatasannya dengan wilayah Kurdistan Irak, dan mengancam akan menyerang pangkalan kelompok oposisi Kurdi jika mereka terus menjadi ancaman bagi Iran.

IRGC Selasa lalu mengumumkan pihaknya sedang melakukan manuver besar dengan melibatkan angkatan darat dan udara, drone, dan pasukan khusus di wilayah Mariwan.

Sementara itu, Unit Perlindungan Kurdistan Timur, sayap militer PJAK, menyatakan Iran mengerahkan pasukan di desa-desa perbatasan Mariwan, mendirikan pangkalan militer besar, dan menerbangkan pesawat-pesawat nirawaknya di atas daerah itu, dan unit artilerinya pun sempat menembaki daerah perbatasan selama dua jam pada Selasa pagi. (amn/aawsat)