Rangkuman Berita Utama Timteng Kamis 19 Desember 2019

rouhani dan mahathir mohammadJakarta, ICMES. Presiden Iran Hassan Rouhani menekankan bahwa umat Islam merupakan satu keluarga besar sehingga harus merasa bertanggungjawab satu sama lain, dan bahwa banyak persoalan Dunia Islam disebabkan oleh campur tangan AS.

Pemimpin gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman Sayid Abdul Malik Badruddin al-Houthi menegaskan bahwa para pejuang Yaman dapat mengalahkan tank-tank AS berkat teguhnya keimanan mereka. berbagai arah

Berbagai sumber di Suriah membantah laporan Observatorium Suriah untuk HAM bahwa kelompok teroris ISSI muncul lagi dan menguasai beberapa daerah di Gurun Shoula di selatan kota Deir Ezzor.

Kementerian Pertahanan Rusia menepis laporan media Israel bahwa pesawat pembom Rusia telah mengangkasa di zona udara Iran.

Berita selengkapnya:

Rouhani: Banyak Persoalan Dunia Islam Disebabkan oleh Campur Tangan AS

Presiden Iran Hassan Rouhani menekankan bahwa umat Islam merupakan satu keluarga besar sehingga harus merasa bertanggungjawab satu sama lain, dan bahwa banyak persoalan Dunia Islam disebabkan oleh campur tangan AS.

Website kepresidenan Iran melaporkan bahwa hal tersebut dinyatakan Rouhani dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad di Kuala Lumpur, Rabu (18/12/2019).

Presiden Rouhani menyebutkan bahwa sudah dua tahun negaranya mendapat perlakuan sepihak dan keji dari AS yang menerapkan embargo terhadap Iran secara berseberangan dengan resolusi 2231 PBB serta keluar dari perjanjian nuklir tanpa alasan apapun yang dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, lanjut Rouhani, AS gagal memaksakan kehendaknya terhadap Iran karena mendapat perlawanan sengit dari rakyat negara republik Islam ini.

“Dalam lima bulan terakhir kami dapat memperbaiki kondisi ekonomi kami meskipun mendapat tekanan hebat dari AS,” tutur Rouhani.

Di pihak lain, Perdana Menteri Mahathir Mohammad menyatakan negaranya mendukung Iran dan mengecam embargo AS terhadap Iran.

Pada kesempatan lain, Mahathir kepada wartawan mengatakan bahwa konferensi tingkat tinggi (KTT) negara-negara Islam di Kuala Lumpur akan menegaskan pesan Islam yang sejati dan kerukunan hidup umat Islam dengan umat-umat lain.

Dia mengaku memprakarsai pertemuan puncak ini dengan harapan dapat menghasilkan kebangkitan umat Islam dan membawa mereka kepada cita-citanya.

Seperti diketahui, KTT forum negara-negara Islam diselenggarakan di Kuala Lumpur pada 18-21 Desember 2019, yang dihadiri antara lain oleh Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Emir Qatar Tamim bin Hamad.

Tentang ini Mahathir pernah menyebutkan bahwa sebanyak 450 pemimpin, intelektual dan budayawa dari dunia Islam dijadwalkan berpartisipasi dalam KTT ini. (alalam/raialyoum)

Al-Houthi: Para Pejuang Yaman Dapat Mengalahkan Tank-Tank AS Berkat Kekuatan Iman

Pemimpin gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman Sayid Abdul Malik Badruddin al-Houthi menegaskan bahwa para pejuang Yaman dapat mengalahkan tank-tank AS berkat teguhnya keimanan mereka, dan bahwa sekarang adalah era internet di mana para netizen muda mendapat serangan budaya dari berbagai arah.

Dalam pidato bertema “Iman Yaman” pada pertemuan dengan para ulama, tokoh masyarakat, dan pejabat, Rabu (18/12/2019), al-Houthi menyebut perang di Yaman tergolong perang terbesar di dunia karena melibatkan “aliansi kekuatan keji” dengan semua kekayaan harta dan segala fasilitas militer mereka yang sangat besar, termasuk berbagai jenis senjata mematikan, namun, kubu agresor itu gagal memaksakan kehendaknya terhadap Yaman.

“Musuh mengerahkan semua fasilitas materinya yang (dinilai) cukup untuk memenangi perang, tapi mereka gagal berdominasi atas bangsa Yaman. Musuh gagal bukan karena kita memiliki harta dan fasilitas lebih banyak daripada harta dan fasilitas mereka, melainkan karena bangsa Yaman memiliki moral, spiritual, dan iman yang kuat kepada Allah. Kita berlindung kepada-Nya, percaya kepada janji pertolongan-Nya, dan karena itu pendirian kita teguh dengan keteguhan iman kita dan resistensi para pemuda dan ksatria kita di front-front pertempuran, ” papar al-Houthi.

Dia menyebutkan bahwa Rasulullah saw telah memuji Yaman dengan ungkapan “Iman Yaman” yang berarti bahwa bangsa Yaman adalah bangsa yang beriman.

Al-Houthi memuji para pejuang Yaman yang terdiri atas tentara nasional dan relawan Lijan Shaabiya karena “telah mengalahkan tank-tank AS dengan sepatu mereka dan bertolak dari teguhnya iman mereka.”

Dia mengatakan, “Kami menyadari bahwa Allah SWT menguji hamba-hamba-Nya sesuai keterhubungan mereka dengan iman, dan inilah yang harus diupayakan, diperdalam dalam realitas kita, dan kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh bahwa kita adalah umat yang eksistensinya tidak terjaga kecuali oleh kesungguhan keterhubungan ini serta identitas keimanan yang harus ditanamkan secara mendalam pada realitas kehidupan kita.”

Dia juga menegaskan, “Kita berada di era sekularisme, internet, media, saluran-saluran berbasis satelit, serta era perang pemikiran, perang lunak, dan perang peradaban dengan berbagai pengaruh dan faktor negatif di dalamnya, yang lebih dahsyat dari sebelumnya.”

Pemimpin Ansarullah menyinggung adanya proses upaya mempengaruhi para pemuda melalui media sosial, dan ini menuntut adanya penguatan kesadaran budaya dan keyakinan di tengah mereka.

Dia menuturkan “Akibat kevakuman dan tidak adanya imunitas budaya dan iman di tengah para pemuda dan pemudi, pengaruh berdatangan kepada mereka dari sana-sini melalui internet dan saluran satelit serta perang pemikiran melalui berbagai metode, sarana, dan pola-pola beracun para penyeru kesesatan dan kebatilan.” (alalam)

ISIS Eksis lagi di Selatan Deir Ezzor, atau Akal-Akalan AS?

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan bahwa kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS/ISIL/DAESH) muncul lagi dan menguasai beberapa daerah di Gurun Shoula di selatan kota Deir Ezzor.

Namun demikian, berbagai sumber yang mengetahui masalah ini di Suriah membantah laporan SOHR tersebut sembari menyatakan bahwa apa yang terjadi di daerah itu ialah operasi penyisiran yang dilakukan oleh tentara Suriah di kawasan Badiah yang membentang dari Shoula dan melintasi daerah Bajib di bagian selatan provinsi Deir Ezzor.

Sumber-sumber itu kepada al-Alam, Rabu (18/12/2019), menyebutkan bahwa tentara Suriah sedang melakukan operasi penyisiran reguler di jalur antara Palmyra dan Deir Al-Zour dan di kedalaman daerah Badia untuk menjaga keamanan jalan bagi para pelintas dan pengangkutan barang.

Mereka menjelaskan bahwa Shoula terletak di sekitar 22 km barat daya kota Deir Ezzor, dan merupakan salah satu gerbang terpenting kota Deir Ezzor di Badia Suriah.

Para pengamat menilai masalah ini merupakan bagian dari propaganda negatif yang digunakan oleh AS untuk membangun opini bahwa ISIS masih aktif sehingga menjadi pembenaran bagi keberadaan militer AS di kawasan tersebut.

Mereka menambahkan bahwa seandainya ISIS memegang kendali di sana maka berarti bahwa kawanan teroris ini telah memutus jalur Palmyra-Deir Al-Zour, dan ini tidak mungkin, sebab ISIS tidak bisa menyerang kawasan itu karena terbendung keberadaan tentara Suriah di sana.

Para pengamat mengatakan bahwa apa yang dapat dilakukan ISIS ialah serangan cepat, penyergapan, dan penanaman bahan peledak dan ranjau, sedangkan serangan seperti di masa lalu tidak mungkin dapat mereka lakukan dari sudut pandang militer. (alalam)

Rusia Bantah Pesawat Pembom Miliknya Melintas di Angkasa Iran

Kementerian Pertahanan Rusia menepis laporan media Israel bahwa pesawat pembom Rusia telah mengangkasa di zona udara Iran.

Kementerian itu menyatakan, “Informasi yang datang dari salah satu sumber internet Israel mengenai adanya penerbangan pesawat pembom Rusia di wilayah udara Iran adalah palsu dan tidak valid.”

Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan bahwa beberapa media sebelumnya telah mempublikasikan informasi tentang rute pesawat pembom strategis jarak jauh dari Rusia ke Suriah, dan ada klaim bahwa untuk melakukan misi tempur di Suriah pesawat itu lepas landas dari bandara Rusia dan terbang di atas wilayah udara Iran untuk mengurangi durasi penerbangan. (raialyoum)