Rangkuman Berita Utama Timteng Kamis 15 Februari 2024

Jakarta, ICMES. Para pejuang Palestina dari berbagai faksi di Gaza terlibat kontak senjata sengit dengan pasukan pendudukan Ziomis Israel  di wilayah barat daya Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza.

Kelompok pejuang Hizbullah mengutuk serangan terbaru Israel yang menewaskan dua anak kecil, dan bersumpah akan segera membalasnya.

Pesawat   AS-Inggris melancarkan serangan baru di daerah Ras Issa di Distrik Al-Salif di wilayah pesisir  Yaman barat .

Komandan Angkatan Laut (AL) Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, Laksamana Ali Reza Tangsiri,   mengumumkan desain dan konstruksi tiga kapal canggih berkecepatan tinggi dan dilengkapi rudal jarak jauh.

Berita selengkapnya:

Pertama di Dunia, IRGC akan Pasang Rudal Jarak pada Perahu Cepat

Komandan Angkatan Laut (AL) Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran, Laksamana Ali Reza Tangsiri, Rabu (14/2) mengumumkan desain dan konstruksi tiga kapal canggih berkecepatan tinggi dan dilengkapi rudal jarak jauh.

Dia menjelaskan bahwa dalam desain dan konstruksi speedboat canggih, perhatian diberikan pada fleksibilitas dan kontinuitas dalam pelayaran dan navigasi, dan material perahu tersebut cepat itu diubah dari fiberglass menjadi aluminium.

Dia memastikan untuk pertama kalinya di dunia kapal berukuran 8 meter dapat dilengkapi rudal dengan jangkauan 30 kilometer dengan daya rusak dan akurasi tinggi.

Di hari yang sama, AL IRGC meluncurkan sistem rudal jelajah baru di pulau Abu Musa dan Tunb Besar.

Panglima  IRGC  Mayjen Hossein Salami dalam sebuah upacara yang memamerkan speedboat dan teknologi angkatan laut IRGC di kota pelabuhan selatan Bushehr menegaskan canggihnya kemampuan pasukan elit yang dipimpinanya ini dalam perang maritim, dan IRGC tidak pernah membiarkan agresi apa pun di wilayah Iran  tanpa respon.

Salami mengatakan bahwa membangun angkatan laut yang mampu menetralisir ancaman musuh adalah “komponen paling penting” dari kekuatan pencegahan suatu negara, dan menekankan bahwa kekuatan angkatan laut yang kuat harus “memiliki sesuatu untuk dikatakan” dalam menghadapi serangan  kekuatan-kekuatan maritim besar di dunia.

Angkatan Laut IRGC dan Pasukan Dirgantara IRGC, pada hari Senin untuk pertama kalinya, melakukan uji coba rudal balistik kelas Zolfaqar dari salah satu kapal perangnya, dan rudal itu berhasil mencapai sasaran yang ditentukan di Gurun Kavir di Iran tengah.( alalam/presstv)

Serangan Israel Gugurkan Sejumlah Orang di Lebanon, Hizbullah Bersumpah akan Membalas

Kelompok pejuang Hizbullah mengutuk serangan terbaru Israel yang menewaskan dua anak kecil, dan bersumpah akan segera membalasnya.

Ketua dewan eksekutif Hizbullah Hashem Safieddine menegaskan, “Serangan hari ini terhadap Lebanon selatan, yang menyebabkan sejumlah warga sipil gugur, tidak dapat dibiarkan tanpa balasan. Pasti akan ada respons dan itu akan mencapai tingkat yang diperlukan,” kata.

Kantor Berita Nasional, NNA,yang dikelola pemerintah Lebanon melaporkan bahwa sejumlah tempur Israel menyerang sebuah rumah di Sawwaneh dengan dua serangan, “menyebabkan kehancurannya” dan kematian tiga orang anggota  satu keluarga, yaitu seorang wanita Suriah dan dua anak, berusia 13 dan 2 tahun.

NNA juga menyebutkan bahwa serangan Israel di  Adshit, Lebanon selatan, menggugurkan seorang pejuang Hizbullah,  melukai 10 orang lainnya,  menghancurkan secara total sebuah bangunan dan menyebabkan  kerusakan besar pada bangunan komersial, toko dan rumah  di dekatnya.

Israel mengatakan pihaknya telah membalas tembakan roket dari Lebanon yang menewaskan seorang tentara dan melukai sedikitnya delapan orang di kota Safed di wilayah pendudukan.   

Hizbullah dan rezim Israel hampir setiap hari terlibat baku tembak sejak pemboman Israel di Gaza dimulai pada bulan Oktober 2023.

Hizbullah mengatakan operasinya dimaksudkan untuk mendukung perlawanan Gaza.

Panglima militer Israel Herzi Halevi usai bertemu dengan para komandan di dekat perbatasan Lebanon mengatakan, “Kampanye Israel berikutnya akan lebih bersifat ofensif, dan kami akan menggunakan semua alat dan kemampuan. Kami mengintensifkan serangan sepanjang waktu.”

Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Selasa mengatakan bahwa perlawanan Lebanon hanya akan menghentikan baku tembak ketika gencatan senjata penuh diterapkan di Jalur Gaza.

“Pada hari itu, ketika penembakan berhenti di Gaza, kami akan menghentikan penembakan di wilayah selatan… Jika mereka (Israel) memperluas konfrontasi, kami akan melakukan hal yang sama,” tegasnya. (presstv)

AS-Inggris 10 Kali Serang Yaman dalam Sehari

Pesawat   AS-Inggris melancarkan serangan baru di daerah Ras Issa di Distrik Al-Salif di wilayah pesisir  Yaman barat pada Rabu malam (14/2).

Dilaporkan bahwa pesawat agresor AS-Inggris melancarkan dua serangan udara, di selatan segi tiga Al-Jah di Distrik Bayt Al-Faqih, di bagian selatanprovinsi Hodeidah, dan serangan udara di provinsi ini meningkat menjadi delapan serangan sejak sore ini.

Wilayah Ras Issa, di Distrik Al-Salif,  digempur dengan tiga serangan,   dan wilayah Al-Jabbana, sebelah utara kota pesisir di Laut Merah, bagian barat Yaman, dengan tiga serangan. AS dan Inggris juga melancarkan serangan ke distrik Al-Tuhayta di Hodeidah, sebelah barat negara tersebut.

Jumat lalu, AS dan Inggris melancarkan dua serangan di distrik perbatasan Baqim, barat laut provinsi  Saada, Yaman utara. Serangan juga dilakukan di wilayah Al-Kathib dan Al-Jabbana, utara kota Hodeidah, dan wilayah Taif di Distrik Al-Durayhimi, di selatan provinsi Hodeidah.

Pemimpin Ansar Allah Yaman, Sayid Abdul-Malik al-Houthi, pada hari Rabu menegaskan  angkatan bersenjata Yaman akan terus mencegah lewatnya kapal-kapal Israel melalui Laut Merah, dan menyebut pencegahan menyeluruh ini sebagai “kemenangan penting.” (alalam)

Pejuang Gaza Bertempur Jarak Dekat, Komandan Tentara Zionis dan Anak Buahnya Tewas

Para pejuang Palestina dari berbagai faksi di Gaza terlibat kontak senjata sengit dengan pasukan pendudukan Ziomis Israel  di wilayah barat daya Khan Yunis, di selatan Jalur Gaza.

Sayap militer Hamas, Brigade  al-Qassam, merilis video serangan pejuangnya terhadap tentara pendudukan dan kendaraan yang menembus wilayah kota Khan Yunis, selatan Jalur Gaza.

Video itu memperlihatkan para pejuang Al-Qassam terlibat konfrontasi jarak dekat  dan menyiapkan bom “TV 3” yang menargetkan pasukan Israel yang menembus timur lingkungan Al-Faraheen di daerah Abasan Al-Kabira, sebelah timur Khan Yunis.

Brigade Al-Qassam menyatakan bahwa komandan batalion  603  pasukan cadangan Israel,  seorang wakil komandan kompi, dan seorang tentara tewas dalam peristiwa tersebut, dan beberapa lainnya juga tewas telah perlawanan dari jarak jauh.

Al-Qassam juga mengirimkan pesan dari lokasi pertempuran di Khan Yunis  dalam sebuah wawancara dengan salah satu mujahidinnya, di mana dia berkata: “Siapa pun yang ingin membubarkan Hamas adalah orang yang berkhayal, dan kami akan membongkar mekanismenya hingga ke bagiansekrup.”

Secara terpisah, Brigade Al-Quds, sayap militer gerakan Jihad Islam   Palestina (PIJ), mengumumkan pemboman kota Ashkelon  dan permukiman di wilayah  sekitar Gaza  dengan salvo roket.

Dalam operasi gabungan dengan Brigade Ansar, Brigade Al-Quds menyerang kerumunan tentara dan kendaraan pendudukan di Jalur Gaza utara  dengan rentetan mortir. (almayadeen)