Rangkuman Berita Utama Timteng  Jumat 5 Juli 2024

Jakarta, ICMES. Hizbullah mengatakan pihaknya telah menghujani militer Rezim Zionis Israel dengan lebih dari 200 roket dan drone sebagai balasan atas serangan yang menggugurkan seorang komandan senior kelompok pejuang yang berbasis di Lebanon tersebut.

Angkatan Bersenjata Yaman kubu Ansarullah menyatakan pihaknya sejauh ini telah menyerang  162 unit kapal sejak mereka pada November 2023 memulai operasi militernya untuk membela  rakyat Palestina dan mendukung para pejuang di Jalur Gaza.

Sayap  militer Hamas, Brigade Al-Qassam, merilis rekaman video detik-detik penembakan mortir anggotanya ke arah pasukan Israel di lingkungan Shujaiya, timur Kota Gaza, dan penembakan rudal “SAM-7” ke arah helikopter Israel.

Berita selengkapnya:

Komandannya Terbunuh, Hizbullah Hujani Israel dengan Ratusan Roket  

Hizbullah mengatakan pihaknya telah menghujani militer Rezim Zionis Israel dengan lebih dari 200 roket dan drone sebagai balasan atas serangan yang menggugurkan seorang komandan senior kelompok pejuang yang berbasis di Lebanon tersebut.

Sumber Hizbullah menyatakan bahwa  serangan serangan pada hari Kamis  (4/7) itu merupakan serangan besar kedua dalam dua hari  terakhir, yang dilancarkan sebagai balasan atas gugurnya Muhammad Nimah Nasser di Lebanon selatan sehari sebelumnya.

Nasser, juga dikenal sebagai “Haji Abu Nimah”, adalah komandan senior ketiga Hizbullah yang gugur dalam hampir sembilan bulan pertempuran lintas batas yang meletus setelah Israel melancarkan perang di Gaza. Pada hari Rabu, Hizbullah meluncurkan lebih dari 100 roket ke Israel.

Serangan pada hari Kamis adalah salah satu yang terbesar sejauh ini di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel setelah  ketegangan meningkat ketika Hizbullah melesatkan drone ke beberapa pangkalan militer di bagian utara Palestina pendudukan dan Dataran Tinggi Golan Suriah.

Serangan Hizbullah juga menyebabkan kebakaran di sejumlah lokasi di wilayah pendudukan Golan Suriah.

Tentara Israel mengumumkan pada hari Kamis bahwa seorang perwiranya dari pasukan cadangan tewas dalam baku tembak dengan Hizbullah di perbatasan utara dengan Lebanon.

Tentara Israel mengkonfirmasi kematian Mayor Itai Galah (38 tahun), dari Ramat Gan, wakil komandan kompi di Unit 8679, yang tewas dalam pertempuran di utara.

Hisham Safi al-Din, seorang pejabat senior di kelompok Hizbullah Lebanon, pada hari Kamis, menyatakan masih akan menyerang situs-situs baru di Israel.

 “Rangkaian balasan berlanjut hingga hari ini, dan rangkaian ini akan terus menyasar  situs-situs baru yang musuh tidak membayangkannya akan diserang,” tegasnya.

Eskalasi ketegangan antara Hizbullah dan Israel telah membuat mediator AS, Eropa, dan Arab berlomba mencegah konflik regional yang lebih luas.

Hizbullah mengatakan pihaknya menyerang Israel sebagai solidaritas dengan para pejuang Gaza, yang menyerang Israel selatan pada 7 Oktober hingga menewaskan sedikitnya 1.139 orang dan menawan 250 lainnya.

Sebagai tanggapan, Israel melancarkan serangan tanpa batas di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 38.000 orang – sebagian besar anak-anak dan perempuan – serta memaksa sekitar dua juta lainnya mengungsi beberapa kali, dan menghancurkan wilayah pesisir yang telah lama terblokade itu.

Kini, ketika ketegangan dengan Hizbullah meningkat, para pejabat Israel mengatakan mereka mungkin akan berperang di Lebanon jika upaya solusi diplomatik gagal.

Konfrontasi perbatasan sejauh ini diperkirakan telah menewaskan sedikitnya 496 orang di Lebanon, sebagian besar adalah pejuang.

Pihak Israel mengaku hanya 15 tentara dan 11 warga sipilnya tewas, namun Hizbullah memastikan korban tewas di pihak Israel jauh lebih besar dari angka yang mereka klaim.  (raialyoum/aljazeera)

Pemimpin Ansarullah: Pasukan Yaman Sejauh ini telah Menyerang 162 Kapal

Angkatan Bersenjata Yaman kubu Ansarullah menyatakan pihaknya sejauh ini telah menyerang  162 unit kapal sejak mereka pada November 2023 memulai operasi militernya untuk membela  rakyat Palestina dan mendukung para pejuang di Jalur Gaza.

Hal itu disampaikan oleh pemimpin Ansarullah Yaman, Sayid Abdul Malik al-Houthi, dalam pidato yang disiarkan oleh saluran Al-Masirah.

 “Operasi dukungan di Gaza minggu ini untuk Front Yaman berjumlah 12 operasi dalam kerangka eskalasi tahap keempat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Operasi kami selama seminggu terakhir dilakukan dengan 20 rudal balistik dan jelajah, sebuah drone, dan sebuah perahu di sepanjang gelanggang operasi maritim.”

Dia juga mengatakan, “Minggu ini, kami menargetkan 6 kapal, sehingga jumlah kapal yang menjadi target sejak awal operasi dukungan di Gaza bertambah menjadi 162 kapal.”

Sayid Al-Houthi tidak menyebutkan negara asal kapal yang menjadi sasaran, namun Angkatan Bersenjata Yaman telah berulang kali mengaku hanya menyerang  kapal AS, Inggris, dan Israel, atau kapal yang melanggar larangan masuk ke pelabuhan Israel.

Mengenai AS,  Sayid Al-Houthi mengatakan, “Pertempuran Amerika untuk menghentikan operasi tentara Yaman (yang berafiliasi dengan Houthi) di laut bukanlah proses yang mudah dan sederhana.”

Dia juga mengatakan, “Tentara dan rakyat kami teguh, dan pengembangan kemampuan terus berlanjut, dengan pertolongan Allah, untuk mengatasi teknologi musuh.”

Hingga berita ini disusun, belum ada komentar langsung dari AS, Inggris, atau Israel mengenai pidato Al-Houthi.

Pada Rabu malam, Komando Pusat AS mengumumkan penghancuran dua kapal Ansarullah dan dua situs radar di Yaman.

Ansarullah pada hari Kamis mengatakan bahwa AS dan Inggris melancarkan dua serangan di Provinsi Hajjah, Yaman barat.

TV Al-Masirah dalam berita penting melalui Telegram melaporkan: “Agresi Amerika-Inggris menyasar daerah Buhais, di distrik Medi Hajjah, dengan dua serangan.”

Saluran tersebut tidak menyebutkan rincian mengenai dampak serangan itu.

Provinsi Hajjah sebagian besar berada di bawah kendali Ansarullah, dan terhubung dengan perbatasan darat dengan Arab Saudi.

Sejak awal tahun ini, koalisi pimpinan AS telah melancarkan serangan yang mereka sebut menyasar “situs-situs Houthi (Ansarullah)” di berbagai wilayah di Yaman, sebagai tanggapan atas serangan mereka di Laut Merah, yang juga dibalas oleh Angkatan Bersenjata Yaman dari waktu ke waktu.  

Ketika Washington dan London melakukan intervensi dan ketegangan meningkat pada bulan Januari, militer Yaman kubu Ansarullah mengumumkan bahwa mereka sekarang menganggap semua kapal AS dan Inggris sebagai target operasi militernya. (raialyoum/alalam)

Brigade Al-Qassam Siarkan Video Serangan Terbarunya terhadap Pasukan Zionis

Sayap  militer Hamas, Brigade Al-Qassam, merilis rekaman video detik-detik penembakan mortir anggotanya ke arah pasukan Israel di lingkungan Shujaiya, timur Kota Gaza, dan penembakan rudal “SAM-7” ke arah helikopter Israel.

Media militer  Al-Qassam memperlihatkan rekaman yang mendokumentasikan “penembakan mortir terhadap pasukan musuh yang menembus lingkungan Shuja’iyya, sebelah timur Kota Gaza,” dan “peluncuran rudal SAM-7 ke arah pesawat musuh dengan partisipasi Brigade Syahid Abdul Qadir al-Husseini di Kota Gaza.”

Satu penggalan video  memperlihatkan tentara Israel sedang diawasi, dan helikopter Israel mendarat untuk mengevakuasi tentara yang tewas dan terluka.

Sedangkan penggalan video lainnya mendokumentasikan dua pejuang di sebuah rumah yang hancur, menembakkan dua rudal ke helikopter Israel.

Brigade Al-Qassam pada hari Kamis mengaku berhasil menjebak pasukan Israel ke dalam lubang terowongan yang telah dipasang sebelumnya di Gaza selatan, dan meledakkannya bersama pasukan tersebut, hingga mereka semua tewas.( raialyoum)