Rangkuman Berita Utama Timteng  Jumat 14 Juni 2024

Jakarta, ICMES. Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei akan menyampaikan pesan kepada jamaah haji dalam rangka dimulainya ibadah haji tahun ini.

Saat hitungan mundur dimulai untuk pemilihan presiden Iran lebih awal pada tanggal 28 Juni, para pemilih  di negara republik Islam ini sedang mempertimbangkan pilihan mereka untuk menggunakan hak pilih mereka guna memilih kandidat yang paling kompeten.

Angkatan Bersenjata Yaman kubu Ansarullah mengumumkan pelaksanaan “tiga operasi militer sukses” selama 24 jam terakhir dengan target kapal-kapal di Laut Arab dan Laut Merah.

Berita selengkapnya:

Pesan Untuk Jemaah Haji, Ayatullah Khamenei: Ibadah Haji Gentarkan Musuh

Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei akan menyampaikan pesan kepada jamaah haji dalam rangka dimulainya ibadah haji tahun ini.

Situs web Khamenei.ir  hari Kamis (13/6) memuat kutipan pesan tersebut.

“Ketika seseorang merenungkan pertemuan yang luar biasa dan manasik haji yang kompleks ini, hal-hal tersebut adalah sumber kepastian dan meningkatkan kepercayaan diri umat Islam, sekaligus mengintimidasi dan menimbulkan rasa gentar bagi musuh,” bunyi pesan itu.

Kutipan itu juga mengangkat masalah “bara’at minal musyrikin” (keberlepasan diri dari orang-orang musyrikin) , suatu prinsip yang dalam Al-Quran yang disebutkan sebagai bagian integral dari ibadah haji .

Pesan itu menyebutkan, “Bara’at tahun ini harus berlanjut melampaui waktu dan tempat haji ke seluruh negara dan kota Muslim di seluruh dunia. Ini harus berlanjut tidak hanya untuk jamaah haji, dan diperluas ke masyarakat umum.”

Ditujukan kepada para jemaah haji, pesan itu juga berisi seruan; “Saudara-saudaraku, dekatkan pikiran dan tindakan Anda sekalian pada kebenaran dan ajaran haji yang cemerlang, dan kembalilah ke rumah nanti dengan identitas baru yang dipenuhi konsep-konsep luhur ini. Ini adalah cenderamata berharga dan nyata dari perjalanan haji Anda sekalian.”

Teks lengkap dari pesan tersebut akan dibacakan kepada para peziarah dalam  ritual Bara’at minal musyrikin, yang akan diadakan di Padang Arafah di Tanah Suci Mekkah Al-Mukarromah.

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam, dan terdiri dari serangkaian ritual keagamaan yang diselesaikan selama lima hari di Mekkah dan sekitarnya di bagian barat Arab Saudi. (presstv)

Jajak Pendapat di Iran, Ternyata Capres ini yang Unggul

Saat hitungan mundur dimulai untuk pemilihan presiden Iran lebih awal pada tanggal 28 Juni, para pemilih  di negara republik Islam ini sedang mempertimbangkan pilihan mereka untuk menggunakan hak pilih mereka guna memilih kandidat yang paling kompeten.

Menurut  jajak pendapat  terbaru, Mohammad Baqer Qalibaf, ketua parlemen Iran dan seorang politisi veteran, unggul jauh dibandingkan pesaing lainnya dalam pemilu tersebut.

Dirilis pada hari Kamis (14/6), jajak pendapat tersebut, sebuah survei lapangan pra-pemilihan berbasis wawancara yang dilakukan oleh lembaga-lembaga independen, menunjukkan Qalibaf unggul dibandingkan kandidat lainnya.

Saeed Jalili, mantan perunding nuklir dan kepala badan keamanan tertinggi negara itu, bertengger di posisi kedua.

Survei yang dilakukan pada tanggal 11, 12, dan 13 Juni ini melibatkan para responden berusia di atas 18 tahun dari Teheran, berbagai provinsi lain, ibu kota provinsi, dan desa-desa.

Dalam survei pertama, di antara mereka yang mengatakan mereka pasti akan memberikan suara mereka pada tanggal 28 Juni, 22 persen mengaku akan memilih Qalibaf.

Jalili menjadi capres favorit kedua, dengan 19,2 persen responden yang mengaku akan memilihnya.

Masoud Pezeshkian, seorang anggota parlemen senior dan mantan menteri kesehatan, berada di urutan ketiga, dengan perolehan 9,8 persen.

Amir-Hossein Qazizadeh Hashemi, mantan anggota parlemen dan saat ini menjabat sebagai kepala yayasan syuhada, tertahan di urutan keempat dengan 3,1 persen responden.

Alireza Zakani, Walikota Teheran dan mantan anggota parlemen, dan Mostafa Pourmohammadi, mantan menteri dalam negeri, sama-sama mendapat dukungan dari 1,1 persen responden.

Sebanyak 41,7 persen responden masih ragu menentukan pilihannya.

Dalam survei lain, Qalibaf kembali muncul sebagai favorit, dengan dukungan 20,5 persen, sementara Jalili menyusul dengan 15,4 persen, Pezeshkian berada di urutan ketiga dengan 12,1 persen, dan dukungan untuk Hashemi juga tertahan pada angka 3,1 persen.

Sebanyak 41,7 persen responden masih ragu menentukan pilihannya.

Dalam survei lain di antara mereka yang mengatakan mereka pasti atau mungkin akan memilih pada tanggal 28 Juni, Qalibaf kembali muncul sebagai favorit, dengan dukungan 20,5 persen.

Enam kandidat yang mencalonkan diri untuk jabatan eksekutif tertinggi, yang disetujui oleh badan pengawas pemilu tertinggi di negara tersebut, dewasa ini sedang berkampanye melalui media pemerintah maupun di lapangan.

Pemungutan suara akan diadakan pada tanggal 28 Juni   di dalam negeri dan luar negeri. (presstv)

Pasukan Yaman Lancarkan Tiga Operasi Militer Anti-Israel, Pemimpin Ansarullah Angkat Bicara

Angkatan Bersenjata Yaman kubu Ansarullah pada hari Kamis (13/7) mengumumkan pelaksanaan “tiga operasi militer sukses” selama 24 jam terakhir dengan target kapal-kapal di Laut Arab dan Laut Merah.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, Brigjen Yahya Saree, dalam pernyataan yang disiarkan televisi menyebutkan bahwa operasi pertama membidik kapal bernama Verbena di Laut Arab, dan kapal ini pun terkena tembakan dan terbakar .

Dia menambahkan bahwa operasi kedua dan ketiga menyasar kapal  Sea Guardian  dan  Athina  di Laut Merah. Disebutkan bahwa serangan dalam dua operasi ini juga tepat mengena target.

Saree menyatakan tiga operasi militer itu sukses dilancarkan dengan menembakkan sejumlah rudal balistik maritim dan drone.

Dia memastikan Angkatan Bersenjata Yaman akan terus melaksanakan arahan Pemimpin Besar Ansarullah, Sayid Abdul Malik Al-Houthi,  memperluas operasi, mengembangkan kemampuan, membela rakyat tetrindas Palestina di Jalur Gaza, dan mempertahankan kedaulatan tanah air serta kebebasan dan kemerdekaan Yaman.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman juga menegaskan bahwa operasi militer anti-Israel dan sekutunya, termasuk dengan menyerang kapal-kapal Israel atau yang terkait dengan Israel, tidak akan mereka hentikan sebelum agresi dan blokade Israel terhadap Jalur Gaza dihentikan.

Pidato Pemimpin Ansarullah

Di hari yang sama, Sayid Abdul Malik Al-Houthi dalam pidato televisi mengutuk  pembantaian warga Palestina  oleh pasukan Zionis Israel di Jalur Gaza , dan mengecam beberapa penguasa Arab yang disebutnya bahkan mengkhianati umat Islam melalui kolaborasi dengan Israel.

Dia menegaskan bahwa siapapun tak boleh “netral dan acuh tak acuh” terhadap tragedi genosida di Gaza.

Dia memuji ketangguhan para pejuang  Palestina di Gaza dalam melawan pasukan bersenjata lengkap Israel.

“Palestina  berhasil mencapai prestasi luar biasa meskipun sarana yang mereka miliki terbatas…. Ketabahan para pejuang perlawanan di Gaza membuktikan keyakinan mereka yang tak tergoyahkan dan kesadaran mendalam mereka,” ungkap Sayid Al-Houthi.

Dia  mengutuk keras aksi pembantaian yang dilakukan oleh pasukan Zionis di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah, yang telah menggugurkan sedikitnya 210 warga Palestina  dan melukai lebih dari 400 orang lainnya.

Rudal Burkan ledakkan pangkalan Israel

Memuji operasi militer para pejuang Hizbullah Lebanon, Sayid Houthi menyatakan bahwa serangan rudal dan drone mereka telah memberikan pukulan yang “menyakitkan” kepada rezim Zionis.

“Rudal Burkan  kaliber berat yang digunakan oleh pejuang Hizbullah telah menimbulkan kehancuran besar pada instalasi militer Israel yang menjadi sasaran,” ungkapnya.

Kapal Induk AS terusir

Mengenai pasukan Yaman sendiri dia mengatakan bahwa Angkatan Laut Yaman sejauh ini telah menyerang 145 kapal Israel dan kapal komersial yang terkait dengannya di Laut Merah dan Laut Arab, dan bahwa operasi maritim Yaman telah membuat  kapal induk AS USS Dwight D. Eisenhower terpaksa menyingkir dari Laut Merah.

Sayid Al-Houthi menyebutkan AS dan Inggris telah menyerang Yaman puluhan kali selama seminggu terakhir, dan yang terakhir adalah tiga serangan di distrik al-Salif di provinsi Hudaydah, pada hari Kamis.

Dia juga memperingatkan Arab Saudi agar tidak bekerja sama dengan AS untuk menyerang Yaman atas operasi anti-Israel. (alalam)