Rangkuman Berita Timteng Selasa 27 Februari 2018

dewan keamanan pbbJakarta, ICMES: Dewan Keamanan PBB menyetujui draf resolusi usulan Rusia yang berisi perpanjangan sanksi terhadap Yaman sampai tahun 2019 tanpa menyinggung laporan PBB mengenai Iran ataupun kemungkinan dilakukannya suatu tindakan terhadap Iran.

Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi telah memecat kepala staf angkatan bersenjata dan sejumlah komandan lainnya dalam sebuah perombakan besar.

Sumber lokal di Suriah mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) kembali merelokasi sejumlah petinggi kelompok teroris ISIS di Suriah.

Kelompok pejuang Islam Lebanon Hizbullah dalam sebuah statemen terbarunya mengecam percepatan realisasi pemindahan Kedubes Amerika Serikat untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds (Yerussalem).

Selengkapnya:

DK PBB Sahkan Draf Resolusi Usulan Rusia Mengenai Yaman

Dewan Keamanan PBB menyetujui draf resolusi usulan Rusia yang berisi perpanjangan sanksi terhadap Yaman sampai tahun 2019 tanpa menyinggung laporan PBB mengenai Iran ataupun kemungkinan dilakukannya suatu tindakan terhadap Iran.

Laporan mengenai Iran yang dibuat oleh tim pakar PBB menyebutkan bahwa Iran telah melanggar sanksi persenjataan yang diputuskan pada tahun 2015 terhadap Yaman. Mereka menyatakan bahwa rudal-rudal yang dilesatkan Ansarullah (Houthi) ke Saudi pada tahun lalu adalah buatan Iran.

Rusia telah menggunakan hak vetonya terhadap draf resolusi usulan Inggris yang menyebutkan adanya “keprihatinan lagi” terhadap “senjata-senjata asal Iran di Yaman pasca penerapan sanksi senjata  dan bahwa Teheran “tidak mematuhi” resolusi-resolusi PBB.

Dewan Keamanan PBB juga menyetujui perpanjangan masa tugas para pakarnya di Yaman.

Wakil Tetap Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan bahwa draf resolusi usulan Inggris berbahaya bukan hanya bagi Yaman, melainkan juga memicu eskalasi di kawasan Timteng secara umum.

Dia juga mengatakan bahwa Rusia menyetujui perpanjangan sanksi terhadap Yaman dan kelayakan keberadaan para pakar internasional di Yaman namun menentang pelaksanaan perpanjangan tugas mereka “dalam suasana yang terpolitisasi.”

Nebenzia menekankan perlunya konsolidasi semua negara regional dan dunia, termasuk Iran dan Arab Saudi, untuk menangani masalah mendasar di Yaman.

Dubes Inggris untuk PBB Matthew Rycroft mengatakan bahwa resolusi yang telah diputuskan untuk Yaman sudah cukup seimbang. Dia juga menyerukan kepada semua pihak di Yaman agar menyelesaikan sengketanya secara damai.

Dia mengecam serangan rudal Ansarullah terhadap Saudi serta menuding Iran tidak mematuhi resolusi PBB yang melarang suplai senjata kepada Ansarullah.

Senada dengan ini Dubes Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley menuding Iran terus berusaha mengacaukan stabilitas Timteng sehingga AS akan terus berusaha menghukum Iran. Dia juga menyatakan bahwa serangan rudal Ansarullah terhadap Saudi dapat memicu konflik regional.

Yaman dilanda perang antara kelompok presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansur Hadi yang didukung pasukan koalisi pimpian Arab Saudi di satu pihak dan gerakan Ansarullah (Houthi) yang didukung oleh Iran.

Koalisi pimpinan Saudi yang sebagian besar dianggotai oleh negara-negara Arab Teluk Persia dan didukung oleh AS dan Inggris melancarkan serangan udara ke Yaman Sejak Maret 2015 hingga menjatuhkan ribuan korban jiwa dan kerusakan yang parah di Yaman.(rt/sputnik)

Raja Salam Putuskan Perombakan Besar Di Tubuh Militer Dan Pemerintahan Saudi

Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi telah memecat kepala staf angkatan bersenjata dan sejumlah komandan lainnya dalam sebuah perombakan besar.

Kantor berita Saudi, SPA, Senin (26/2/2018), melaporkan bahwa Jenderal Abdul Rahman bin Saleh al-Bunyan telah dicopot dari jabatan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata, dan diganti oleh Fayyad al-Ruwaili.

Raja Salman juga merombak Kepala Staf Angkatan Darat dan Kepala Staf Angkatan Udara.

Tidak ada penjelasan mengenai perombakan besar-besaran ini, namun hal ini terjadi setelah intervensi militer Saudi dan sekutunya di Yaman sudah mendekati tahun ketiga tanpa ada hasil seperti yang mereka inginkan.

Beberapa deputi baru juga telah diangkat di kementerian ekonomi dan keamanan serta beberapa wali kota baru, termasuk Tamadur binti Youssef al-Rama sebagai wakil menteri buruh, sebuah jabatan senior yang langka untuk seorang wanita di negara kerajaan yang sangat konservatif ini.

Keputusan Raja Saudi ini juga mencakup pengangkatan tiga wakil gubernur dari kalangan keturunan saudara-saudara Raja Salman, yaitu Ahmed, Talal dan Muqrin, yang beberapa di antaranya terkesan dikesampingkan di tengah arus perubahan yang terjadi belakangan ini. (reuters)

AS Merelokasi Para Gembong ISIS Di Suriah

Sumber lokal di Suriah mengungkapkan bahwa Amerika Serikat (AS) telah menggunakan beberapa helikopternya untuk memindah sejumlah petinggi kelompok teroris ISIS di Suriah dari kawasan Al-Shadadi ke salah satu pusat pelatihan militer di pinggiran selatan kota Hasakah.

“Beberapa helikopter AS malam lalu merelokasi satu lagi rombongan petinggi ISIS dari kawasan Al-Shadadi ke sebuah markas pelatihan militernya di sis selatan Hasakah,” ujar sumber itu, seperti dilansir kantor berita Suriah, SANA, Senin (26/2/2018).

Dia menambahkan, “Dua helikopter AS malam lalu menjalankan operasinya di kawasan Tuwaimin di tenggara kota Al-Shadadi, dan memindah beberapa unsur ISIS ke markas Sabah Al-Khair yang dijadikan oleh AS sebagai pusat pelatihan kelompok-kelompok teroris.”

Menurut laporan ini, AS masih berusaha memanfaatkan sisa-sisa kawanan teroris ISIS.

Beberapa helikopter AS bulan lalu terbang rendah dari arah pinggiran utara Deir Ezzor menuju kamp Al-Sad dekat Bendungan Al-Basil di selatan Hasakah, membawa sejumlah tokoh ISIS yang menyerah kepada milisi Kurdi yang tergabung dalam Pasukan Demokrasi Suriah (SDF).

Dua bulan lalu, helikopter AS juga dilaporkan telah melarikan 47 komandan ISIS dari gempuran militer Suriah ke daerah dekat Bendungan Al-Basil.

Dalam beberapa terakhir AS memberikan berbagai bentuk bantuan kepada ISIS yang bercokol di kawasan gurun Suriah, termasuk memberikan informasi untuk penyerangan ke pangkalan-pangkalan militer Suriah, pemindahan orang-orang asing yang menjadi petinggi ISIS, dan menyelamatkan nyawa mereka dari serangan tentara Suriah dan sekutunya.

Pusat militer Rusia di pangkalan Hmeimin bulan lalu menyatakan bahwa pasukan koalisi pimpinan AS masih bekerjasama dengan sisa-sisa ISIS di Suriah.

Menurut pusat ini, tentara AS di dekat kamp pengungsi kota Hasakah sedang mengorganisir sebuah kelompok teroris bernama “Pasukan Suriah Baru.” (irna)

Hizbullah Dan Kelompok Pejuang Palestina Mengutuk Realisasi Pemindahan Kedubes AS

Kelompok pejuang Islam Lebanon Hizbullah dalam sebuah statemen terbarunya mengecam percepatan realisasi pemindahan Kedubes Amerika Serikat untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds (Yerussalem). Bersamaan dengan ini, kelompok-kelompok pejuang Palestina menyerukan “Hari Amarah” pada Jumat mendatang .

Hizbullah mengingatkan bahwa keputusan AS yang akan direalisasikan pada peringatan Hari Nakba yang jatuh pada tanggal 14 Mei itu merupakan penghinaan secara terbuka terhadap bangsa-bangsa Arab, umat Islam, dan bahkan seluruh masyarakat dunia, dan bertujuan Judaisasi Al-Quds.

Kelompok pejuang pimpinan Sayyid Hassan Nasrallah ini juga mengecam persekutuan sejumlah negara Arab dengan AS. Menurut Hizbullah, sikap mereka ini memotivasi dan menambah nyali Washington dalam mempercepat realisasi pemindahan Kedubesnya ke Al-Quds.

Hizbullah menyerukan kepada khalayak dunia, terutama bangsa-bangsa Arab dan umat Islam, agar melawan tindakan AS tersebut karena Al-Quds adalah “milik seluruh umat yang beriman kepada agama samawi.”

Sementara itu,  berbagai kelompok nasionalis dan Islamis Palestina di Ramallah dan Al-Bireh menyerukan kepada seluruh rakyat Palestina agar berpartisipasi dalam “Hari Amarah” yang akan diselenggarakan pada hari Jumat mendatang sebagai kelanjutan aksi protes terhadap keputusan Presiden AS Donald Trump memindah Kedubes AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds.

Mereka memuji penolakan pihak gereja terhadap keputusan Israel  menerapkan pajak pada gereja dan penutupan gerbang-gerbang Gereja Kelahiran (Nativity).Mereka menegaskan bahwa kesewenang-wenangan ini tidak akan dapat mengubah realitas. (mm/fna/alalam)