Rangkuman Berita Timteng Jumat 11 Agustus 2017

qassem soleimani iranJakarta, ICMES: Jenderal tersohor Iran, Qasem Soleimani , komandan Pasukan al-Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), menyatakan prajurit Iran bertekad untuk menumpas para ekstrimis dan teroris Wahabi.

Seorang warga Zionis Israel telah menabrak empat bocah Palestina dengan mobil di kawasan Silwan di kota al-Quds (Yerussalem).

Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi menyerukan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar andil dalam pengelolaan keamanan Bandara Sanaa untuk memulihkan aktivitas penerbangan komersial dan transportasi bandara di ibu kota Yaman ini setelah lebih dari satu tahun ditutup.

Salah seorang komandan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Jawad al-Tabibawi, menyatakan pihaknya mendapat tekanan dari dalam dan luar negeri sehingga tidak akan dilibatkan dalam operasi militer pembebasan kota kecil Tal Afar.

Berita selengkapnya;

Jenderal Soleimani Ancam Habisi Para Ekstrimis Wahabi

Jenderal tersohor Iran, Qasem Soleimani , komandan Pasukan al-Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), menyatakan prajurit Iran bertekad untuk menumpas para ekstrimis dan teroris Wahabi.

Hal ini dia tegaskan berkenaan dengan terbunuhnya Mohsen Hajaji, seorang warga Iran penjaga makam Ahlul Bait Nabi di Suriah, di tangan kelompok teroris ISIS setelah dua hari disandera.

Dia menyatakan bahwa kelompok-kelompok ekstrimis Wahabi telah berperan sebagai antek imperialis dunia, namun mereka kalah di berbagai front pertempuran, dan ISIS adalah satu di antara kelompok itu yang telah melakukan berbagai aksi biadab, tidak Islami dan tidak pula manusiawi.

Menurutnya, kejahatan demikian sudah dilakukan ribuan kali di  Irak dan Suriah terhadap umat Muslim tanpa pandang bulu, Syiah maupun Sunni, sehingga justru menguatkan persatuan umat Islam dalam penumpasan kaum Khawarij kontemporer.

“Kita bersumpah demi darah syahid yang tersembelih ini dan semua syuhada yang mengikuti jejak Abu Abdillah al-Husain bahwa kita tidak akan menunda-nunda waktu dalam menindak pohon terkutuk ini dan menumpas tuntas kanker berbahaya yang tumbuh dari tubuh Dunia Islam,” tegasnya.

Dia menambahkan, “Sejak awal kita tidak ragu dalam menempuh jalan ini, namun kejahatan (ISIS) ini membuat kita lebih bertekad untuk membersihkan semua penjuru dunia dari eksistensi keji mereka.”

Soleimani juga menegaskan bahwa Republik Islam Iran berjuang untuk kebebasan dan syariat, dan telah mempersembahkan syuhada demi membela agama Islam. (alalam)

Warga Zionis Tambrak Empat Bocah Palestina

Seorang warga Zionis Israel telah menabrak empat bocah Palestina dengan mobil di kawasan Silwan di kota al-Quds (Yerussalem). Demikian dilaporkan laman berita al-Mayadeen yang berbasis di Beirut, Lebanon, dalam berita segeranya tanpa menyebutkan keterangan detail, Kamis (10/8/2017).

Dilaporkan pula bahwa pada hari itu  warga  Zionis telah merusak beberapa rumah warga Palestina, sementara pasukan Zionis menangkap lima pemuda Palestina di kota al-Khalil (Hebron) dengan dalih bahwa mereka bermaksud melancarkan serangan berani mati terhadap kaum Zionis Israel.

Beberapa lembaga hukum Palestina dalam sebuah statemen bersama menyatakan sebanyak 880 warga Palestina, termasuk 144 anak kecil dan 18 perempuan, yang sebagian besarnya adalah penduduk al-Quds, telah ditangkap oleh pasukan Zionis pada bulan Juli lalu.

Seperti diketahui, pada hari Jumat 14 Juli lalu tiga pemuda Palestina gugur setelah berhasil membunuh dua pasukan Zionis di komplek Masjid al-Aqsa, al-Quds. Peristiwa ini disusul dengan pemasangan kamera CCTV  dan pintu-pintu pemindai logam di gerbang-gerbang komplek sesuai instruksi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Rakyat Palestina kemudian menggelar protes besar-besar, termasuk dengan cara berkonsentrasi dan menunaikan shalat jamaah di ruang terbuka sekitar komplek. Tekanan internasional juga menyusul terhadap Israel sehingga rezim Zionis ini akhirnya membongkar alat keamanan tersebut.  (irna)

Koalisi Arab Minta PBB Kelola Bandara Sanaa

Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi menyerukan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar andil dalam pengelolaan keamanan Bandara Sanaa untuk memulihkan aktivitas penerbangan komersial dan transportasi bandara di ibu kota Yaman ini setelah lebih dari satu tahun ditutup.

Seruan yang diungkap melalui statemen yang dirilis kantor berita Arab Saudi, SPA, ini mengemuka beberapa jam setelah Utusan PBB untuk Yaman Ismaeil Ould Cheikh menyerukan pembukaan kembali bandara internasional Sanaa.

Jubir pasukan koalisi Arab Kol. Turki al-Maliki menyatakan pihaknya menyimak apa yang telah dipublikasi oleh kantor koordinasi urusan kemanusiaan di Yaman mengenai penutupan Bandara Sanaa bagi penerbangan komersial.

Dia mengaku bahwa pasukan ini sejak awal operasi militernya masih terus memanfaatkan potensi dan upayanya pemulihan penerbangan komersial, penumpang, dan bantuan kemanusiaan ke semua bandara Yaman melalui perilisan izin keudaraan bagi semua permohonan yang masuk dan pengkhususan Bandara Domestik Bisha untuk mengatur transportasi udara sesuai resolusi PBB no. 2216.

Menurutnya, penutupan Bandara Sanaa dan pengkhususannya untuk penerbangan bantuan adalah demi keamanan pesawat sipil dan komersial yang menuju bandara ini “akibat kegiatan bersenjata milisi Houthi (Ansarullah) melalui operasi penyelundupan senjata.”

Dia mengimbau PBB supaya andil dalam pemulihan penerbangan komersial dan transportasi penumpang untuk Bandara Sanaa melalui pengelolaan keamanan bandara ini dan jaminan bagi apa yang dikuatirkan oleh “pemerintahan Yaman yang sah.”

Al-Maliki menegaskan, “Jika faktor-faktor kelayakan pengelolaan bandara dan jaminan keamanan dan keselamatan pesawat komersial tersedia, dan kegiatan penyelundupan senjata dihentikan maka pasukan koalisi sepenuhnya siap membuka lalu lintas udara bagi pesawat komersial.”

Pada Agustus 2016 koalisi Arab memblokade penerbangan dari dan menuju Bandara Sana dengan dalih di sekitarnya terdapat operasi militer, tapi kemudian mengecualikan penerbangan bantuan kemanusiaan PBB.

Dewasa ini Bandara Sanaa berjarak sekira 55 kilometer dari front pertempuran terdekat antara pasukan presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansur Hadi yang didukung oleh pasukan koalisi Arab di satu pihak dan pasukan Ansarullah yang bersekutu dengan pasukan mantan presiden Ali Abdullah Saleh di pihak lain di sebelah timur Sanaa.

Selama ini warga Yaman yang bermaksud melakukan perjalanan keluar negeri hanya menggunakan Bandara Aden di selatan dan Seiyun timur Yaman, selain melalui pintu perbatasan negara ini dengan Saudi dan Oman.

Saudi dan sekutunya yang tergabung dalam koalisi Arab menyerang Yaman sejak 26 Maret 2015 sampai sekarang dengan dalih untuk memulihkan pemerintahan Mansour Hadi melawan pasukan Houthi dan Abdullah Saleh.  Serangan ini telah menjatuhkan belasan ribu korban jiwa yang sebagian besar adalah warga sipil serta kehancuran yang sangat besar pada fasilitas infrastruktur  Yaman. (rayalyoum)

Pasukan Relawan Irak Didesak Tidak Ikut Perangi ISIS Di Tal Afar

Salah seorang komandan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Jawad al-Tabibawi, Kamis (10/8/2017), menyatakan pihaknya mendapat tekanan dari dalam dan luar negeri sehingga tidak akan dilibatkan dalam operasi militer pembebasan kota kecil Tal Afar, 50 kilometer barat Mosul, Irak utara, dari pendudukan kelompok teroris takfiri ISIS.

Dalam keterangan persnya al-Tabibawi menuding AS dan pemimpin wilayah otonomi Kurdistan Irak Masoud Barzani menghalangi partisipasi al-Hashd al-Shaabi dalam operasi pembebasan Tal Afar yang disebut-sebut akan segera dimulai.

Dia mengaku heran atas campurtangan asing dalam perang pembebasan berbagai wilayah Irak karena menyalahi kedaulatan nasional Irak. Menurutnya, campurtangan ini dilakukan demi kepentingan kawanan teroris, terutama ISIS, dan campurtangan itu menjurus pada peningkatan kekuasaan Barzani di wilayah provinsi Nineveh dan integrasi wilayah ini dengan Kurdistan Irak.

Tal Afar sudah sekian bulan dikepung total oleh al-Hashd al-Shaabi yang berulangkali menegaskan kesiapannya untuk membebaskan kota ini, namun sampai sekarang instruksi operasi pembebasan tak kunjung keluar akibat intervensi AS. (irna)