• Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 6 No 1 (2022)

    Jurnal ICMES kembali terbit pada bulan Juni 2022 dengan menyajikan berbagai artikel yang memberikan pengayaan terhadap kajian Timur Tengah. Sejak April 2020, Jurnal ICMES telah mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti (Sinta 4). Jurnal ICMES mengundang para akademisi dan peneliti untuk mengirimkan hasil kajian mereka di isu-isu Timur Tengah, dari berbagai dimensi, mulai politik hingga budaya. Petunjuk pengiriman artikel bisa dibaca di sini.

    Artikel yang dimuat pada edisi ini berjudul Implementasi Demokratisasi Sudan: Kasus Runtuhnya Rezim Pemerintahan Omar Bashir (Aucky Adi Kurniawan, Muhammad Syaprin Zahidi), Konflik Palestina-Israel Pada Masa Intifada dalam Perspektif Konstruktivisme dan Strategi Politik (Amalia Tri Puspita Sari), Berpikir Sistem Pada Masifnya Gerakan Feminisme: Telaah Perang Narasi Digital di Timur Tengah (Tika Tazkya Nurdyawati), Lebanon Pasca Ledakan Beirut Tahun 2020: Identifikasi Ancaman Human Security dan Bantuan Komunitas Internasional (Irawanti Ayu Kusumawandira), dan Resistensi dalam Literasi: Mimikri dalam Kajian Poskolonialisme terhadap Palestina (Idha Ismalia Rohmatika, Otong Sulaeman).

     

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 5 No 2 (2021)

    Jurnal ICMES kembali terbit pada bulan Desember 2021 dengan menyajikan berbagai artikel yang memberikan pengayaan terhadap kajian Timur Tengah. Sejak April 2020, Jurnal ICMES telah mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti (Sinta 4). Jurnal ICMES mengundang para akademisi dan peneliti untuk mengirimkan hasil kajian mereka di isu-isu Timur Tengah, dari berbagai dimensi, mulai politik hingga budaya. Petunjuk pengiriman artikel bisa dibaca di sini.

    Artikel yang disajikan dalam edisi kali ini berjudul Legitimasi dan Kompetisi Lebanese Armed Forces Versus Hizbullah  (Arfan Johan Wihananto dan Yon Machmudi), Kebijakan Luar Negeri U-turn Yordania Terhadap Suriah Pasca-Perang Melawan Terorisme (Dyah Purbo Arum Larasati), Pengaruh Budaya Strategis pada Kepemimpinan dan  Revolusi Islam Iran (Prabaswari), Peran Perempuan Tunisia dalam Politik Pasca-Arab Spring Melalui Telaah State Feminism (Ayu Maulida Alkholid dan Firmanda Taufiq), Peningkatan Alokasi Anggaran Militer Negara-Negara di Timur Tengah dan Pengaruhnya Terhadap Eskalasi Konflik Kawasan (Endro Tri Susdarwono)

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 5 No 1 (2021)

    Jurnal ICMES kembali terbit pada bulan Juni 2021 dengan menyajikan berbagai artikel yang memberikan pengayaan terhadap kajian Timur Tengah. Sejak April 2020, Jurnal ICMES telah mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti (Sinta 4). Jurnal ICMES mengundang para akademisi dan peneliti untuk mengirimkan hasil kajian mereka di isu-isu Timur Tengah, dari berbagai dimensi, mulai politik hingga budaya. Petunjuk pengiriman artikel bisa dibaca di sini.

    Artikel yang disajikan dalam edisi kali ini berjudul Analisis Perubahan Kebijakan Luar Negeri Iran Menyepakati Jcpoa Pada Masa Pemerintahan Hassan Rouhani (Abdullah), Pelanggaran Hukum Internasional dalam Konflik Yaman Tahun 2015-2019 dan Akibatnya terhadap Situasi Krisis Kemanusiaan (Febriani Amalina Shalihah, Hasan Sidik), Analisis Pengaruh Pdb Iran, Kurs Dolar As Dan Inflasi Indonesia Terhadap Nilai Ekspor Indonesia Ke Iran Periode 2006.1-2017.4 (Diautoriq Husain,  Bambang Sulistyono, Didit Welly Udjianto, Purkon Hidayat), Politik Konfesionalisme Lebanon: Sebuah Pilihan Atas Keberagaman (Farhan Hibatullah), Pro-Kontra Normalisasi Hubungan Diplomatik Israel-Sudan: Antara Kepentingan Nasional Dengan Solidaritas Pembebasan Palestina (Muhammad Bachrul Ulum), Faktor Domestik Yang Memengaruhi Kebijakan Luar Negeri Iran Terhadap Arab Saudi Pascaeksekusi Mati Nimr Al-Nimr (Hilal Kholid Bajri, Akim), dan Fenomena K-Pop Di Arab Saudi: Pengaruh Reformasi Sosial Terhadap Otoritas Keagamaan (Ani Mariani).

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 4 No 2 (2020)

    Jurnal ICMES kembali terbit pada bulan Desember 2020 ini dengan menyajikan berbagai artikel yang memberikan pengayaan terhadap kajian Timur Tengah. Sejak April 2020, Jurnal ICMES telah mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti (Sinta 4). Jurnal ICMES mengundang para akademisi dan peneliti untuk mengirimkan hasil kajian mereka di isu-isu Timur Tengah, dari berbagai dimensi, mulai politik hingga budaya. Petunjuk pengiriman artikel bisa dibaca di sini.

    Artikel yang disajikan dalam edisi kali ini berjudul Perbedaan Persepsi Turki dan North Atlantic Treaty Organization terhadap Ancaman Terorisme: Permasalahan Kurdi (Alvin Christopher Simbolon); Tinjauan Sekuritisasi dalam Dinamika Hubungan Arab Saudi dengan Muslim Brotherhood Pasca-Arab Spring (Rifan Kalbuadi); Perkembangan Keuangan Islam di Eropa: Studi atas Implikasi Kerja Sama Inggris dan Al Baraka Bahrain dalam Mengembangkan Perbankan Syariah (Henny Saptatia D. Nugrahani, Agung Permadi, Yulinar A. Masfufah); Normalisasi Hubungan Uni Emirat Arab dengan Israel: Kepentingan Nasional Versus Solidaritas Negara Muslim terhadap Palestina (Raden Mas Try Ananto Djoko Wicaksono); Kristen Koptik Mesir: Tantangan dan Harapan di Tengah Kuatnya Arus Penindasan dan Diskriminasi (Ahmad Masyhur); dan Konfrontasi Iran-Amerika Serikat di Selat Hormuz dan Dampaknya bagi Distribusi Penjualan Minyak Dunia (Wandy Ardiyansyah Hasibuan).

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 4 No 1 (2020)

     

    Jurnal ICMES kembali terbit pada bulan Juni 2020 ini dengan menyajikan berbagai artikel yang memberikan pengayaan terhadap kajian Timur Tengah. Sejak April 2020, Jurnal ICMES telah mendapatkan akreditasi dari Kemenristek Dikti (Sinta 4). Jurnal ICMES mengundang para akademisi dan peneliti untuk mengirimkan hasil kajian mereka di isu-isu Timur Tengah, dari berbagai dimensi, mulai politik hingga budaya. Petunjuk pengiriman artikel bisa dibaca di sini.

    Artikel yang disajikan dalam edisi kali ini berjudul Strategi Pemerintahan Erdogan Dalam Menghadapi Ancaman Politik Dan Militer Suku Kurdi 2015-2019 (M. Hafizh Nabiyyin), Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Terhadap Iran Selama Pandemi Covid-19 (Bahy Chemy Ayatuddin Assri), Responsibility to Protect dalam Kasus Genosida oleh ISIL terhadap Yazidi-Irak melalui Intervensi Militer Amerika Serikat (Dewi Agha Putri, Hasan Sidik),  Upaya Tiongkok untuk Menghidupkan Kembali Jalur Sutra dalam Perspektif Balance of Power (M. Musa Al Hasyim), dan Geopolitik dalam Studi Perbatasan Suriah-Turki, Studi Kasus: Serangan Rojava 2019 (Muhammad Baqir Idrus Alatas).

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 3 No 2 (2019)

    Jurnal ICMES Vol 3. No. 2 (Desember 2019) memuat berbagai hasil kajian Timur Tengah, yaitu tentang Peranan Diplomat Indonesia dalam Memperjuangkan Palestina di PBB (Masa Presidency of the UNSC Mei 2019) oleh Teuku Rezasyah; Penggunaan Leksikon Allāh Sebagai Ekspresi Tuhan: Pengaruh Budaya Arab dalam Penerjemahan Bibel Ke Bahasa Arab oleh Yuangga Kurnia Yahya;  Perbandingan Nitaqat dan Tawteen: Kebijakan Ketenagakerjaan di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab oleh Safira Novia Safitry dan Agus Haryanto; Perbedaan Pandangan Politik antara Al Azhar dan Ikhwan Al Muslimin dalam Merespon Kudeta Militer Tahun 2013 oleh Muhammad Anas dan Yon Machmudi, dan Security Dilemma dalam Ketegangan AS-Iran Pasca Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman oleh Fenny Rizka Salsabila dan Dina Yulianti.

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 3 No 1 (2019)

    Jurnal ICMES Vol. 3, No. 1 (Juni 2019) ini membahas berbagai isu aktual terkait Timur Tengah. Edisi ini membahas tentang bagaimana media arus utama di AS telah mendukung kebijakan luar negeri AS dalam Perang Yaman, diplomasi koersif yang dilakukan AS terhadap Iran pasca-JCPOA, upaya negosiasi integratif yang dilakukan dalam konflik di Sudan Selatan, perubahan tatanan keamanan di Timur Tengah yang terjadi setelah Rusia melibatkan diri secara langsung dalam Perang Suriah, dan tensi sektarianisme di Timur Tengah pasca Arab Spring.

    **

    Jurnal ICMES diterbitkan setiap Juni dan Desember oleh Indonesia Center for Middle East Studies (ICMES). Setiap artikel yang dimuat menjalani proses peer-review dan editing yang ketat. Fokus jurnal dapat dibaca di sini.  Petunjuk cara pengiriman artikel untuk dimuat di jurnal ini, dapat disimak di sini.

  • cover Jurnal ICMES Vol. 2 No. 2 (2018) Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 2 No 2 (2018)

    Jurnal ICMES Vol. 2, No. 2 (Desember 2018) ini membahas berbagai isu aktual terkait Timur Tengah. Edisi ini membahas tentang Kebijakan Luar Negeri Indonesia-Mesir, pembahasan mengenai teori normatif HI dengan melakukan perbandingan terhadap pemikiran etika relijius ulama Iran-Indonesia, terorisme dan jaringan perdagangan opium di Afghanistan, hubungan Turki-AS, dan analisis mengenai diterimanya gerakan Ikhwanul Muslimin di Turki.

    **

    Jurnal ICMES diterbitkan setiap Juni dan Desember oleh Indonesia Center for Middle East Studies (ICMES). Setiap artikel yang dimuat menjalani proses peer-review dan editing yang ketat. Fokus jurnal dapat dibaca di sini.  Petunjuk cara pengiriman artikel untuk dimuat di jurnal ini, dapat disimak di sini.

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 2 No 1 (2018)

    Jurnal ICMES diterbitkan setiap Juni dan Desember oleh Indonesia Center for Middle East Studies (ICMES). Setiap artikel yang dimuat menjalani proses peer-review dan editing yang ketat. Fokus jurnal dapat dibaca di sini.  Petunjuk cara pengiriman artikel untuk dimuat di jurnal ini, dapat disimak di sini.

    Jurnal ICMES Vol. 2, No. 1 (Juni 2018) ini membahas berbagai isu aktual terkait Timur Tengah.

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 1 No 2 (2017)

    Jurnal ICMES diterbitkan setiap Juni dan Desember oleh Indonesia Center for Middle East Studies (ICMES). Setiap artikel yang dimuat menjalani proses peer-review dan editing yang ketat. Fokus jurnal dapat dibaca di sini.

    Jurnal Vol. 1, No. 2 (Desember 2017) membahas tema terorisme dari berbagai perspektif.

  • Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies
    Vol 1 No 1 (2017)

    Jurnal ICMES diterbitkan dua kali setahun oleh Indonesia Center for Middle East Studies (ICMES), sebuah lembaga independen yang didedikasikan untuk mempelajari politik Timur Tengah, ekonomi, militer, energi, budaya, dan sejarah.

    Kami berusaha memperkuat pemahaman tentang Timur Tengah di semua sektor masyarakat Indonesia melalui penelitian dan publikasi. Kami mengundang partisipasi publik, baik mahasiswa, peneliti, akademisi, dan pembuat kebijakan di semua bidang yang terkait dengan Studi Timur Tengah untuk mengirimkan tulisan ke Jurnal ICMES. Artikel yang dimuat telah melewati proses peer-review.