Rangkuman Berita Timteng Kamis 28 Juni 2018

fasilitas nuklir iranJakarta, ICMES: Republik Islam Iran kembali mengaktifkan pabrik gas uranium hexafluoride (UF6), yaitu uranium yang dibutuhkan untuk bahan bakar reaktor nuklir, di kota Isfahan, dan telah diisi  dengan yellow cake.

Pasukan Arab Suriah (SAA) mengumumkan bahwa kelompok teroris Wahhabi ISIS telah terusir sepenuhnya dari kawasan Badiah Deir Ezzor di bagian timur negara ini.

Belasan warga sipil Yaman terbunuh akibat serangan pesawat tempur Arab Saudi ke kawasan provinsi Hudaydah di wilayah pesisir barat Yaman.

Berita selengkapnya:

Iran Produksi Lagi UF6, Rouhani Tegaskan Iran Pantang Tunduk Kepada AS

Republik Islam Iran kembali mengaktifkan pabrik gas uranium hexafluoride (UF6), yaitu uranium yang dibutuhkan untuk bahan bakar reaktor nuklir, di kota Isfahan, dan telah diisi  dengan yellow cake, Rabu (27/6/2018).

Tindakan tersebut dilakukan setelah Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei dan presiden negara ini, Hassan Rouhani, memberikan pengarahan terkait dengan perjanjian nuklir menyusul keluarnya Amerika Serikat (AS) secara sepihak dari perjanjian multilateral ini.

Pabrik UF6 merupakan salah satu fasilitas utama untuk produksi bahan bakar nuklir di situs nuklir  Isfahan, Iran tengah, dan baru sekarang diisi lagi dengan yellow cake setelah sembilan tahun dihentikan.

Operasi pabrik ini dihentikan pada tahun 2009 akibat kekurangan yellow cake. Setelah perjanjian nuklir diteken dan Iran mengimpor bahan itu dalam jumlah besar kemudian terjadi peningkatan daya produksi bahan ini di dalam negeri maka Iran dapat mengoperasikannya kembali.

Sementara itu, Presiden Rouhani, Rabu, menegaskan bahwa bangsa Iran pantang menyerah kepada tekanan AS dengan resiko apapun.

“Kami tidak akan menyerah di depan AS. Martabat dan kehormatan kami tetap akan terjaga sepanjang sejarah. Tak ada satupun orang Iran bersedia tunduk dan menyerah di depan tekanan AS.”

Dia menegaskan bahwa pihaknya akan berusaha meminimalisir dampak perlawanan bangsa Iran terhadap AS ini.

“Kami harus mengatakan kepada dunia bahwa kami memang mendapat kesulitan, tapi kami pantang bernegosiasi mengenai martabat, kehormatan, dan agama kami.” (alalam)

SAA Umumkan ISIS Terusir Sepenuhnya Dari Badiah Deir Ezzor

Pasukan Arab Suriah (SAA), Rabu (27/6/2018) mengumumkan bahwa kelompok teroris Wahhabi ISIS telah terusir sepenuhnya dari kawasan Badiah Deir Ezzor di bagian timur negara ini, dan bahwa kawasan seluas sekira 5,800 kilometer persegi itu telah disisir bersih.

Jubir Komando Umum SAA Brigjen Ali Mayhoub menyatakan bahwa pembersihan kawasan Badiah Deir Zezzor secara total hingga mencapai perbatasan Suriah-Irak mencerminkan kecakapan SAA dan tekadnya untuk terus mengejar dan menumpas sisa kelompok-kelompok teroris dengan berbagai nama dan kedoknya sampai seluruh wilayah negara ini bebas.

Sementara itu, di bagian selatan Suriah SAA terus mengembangkan operasi militer untuk menumpas kawanan teroris di kota Daraa. Dalam proses ini SAA telah berhasil membebaskan berbagai daerah penting di provinsi Daraa, termasuk Basar al-Harir, dan mengobrak-abrik barisan kelompok-kelompok teroris, terutama Jabhat al-Nusra.

Sumber-sumber militer menyebutkan bahwa sejauh ini kawasan yang telah dibebaskan mencapai 420 kilometer persegi. Gerak maju SAA dalam beberapa hari terakhir juga telah mengakhiri eksistensi teroris di wilayah timur laut Daraa serta mengamankan atau merebut kembali jalur Damaskus –Daraa dari arah timur. (alalam)

Serangan Saudi Di Hudaydah Tewaskan Belasan Warga Sipil

Belasan warga sipil Yaman terbunuh akibat serangan pesawat tempur Arab Saudi ke kawasan provinsi Hudaydah di wilayah pesisir barat Yaman.

Sumber-sumber lokal mengatakan kepada saluran al-Masirah milik kelompok Ansarullah (Houthi) bahwa jet tempur Saudi melancarkan serangan udara ke daerah al-Rabasah di distrik al-Hawak di 150 kilometer barat daya Sana’a, ibu kota Yaman, pada Rabu malam (28/6/2018) mengakibatkan tujuh orang tewas dan empat lainnya terluka.

Dalam peristiwa lain, jet tempur Saudi telah menarget satu unit bus yang mengangkut warga Yaman dari daerah Jerahi ke Zobeid hingga menewaskan sedikitnya sembilan orang.

Pesawat tempur Saudi juga menyerang distrik Kitaf wa al-Boqe’e di bagian barat laut provinsi Sa’ada, namun tidak ada laporan tentang korban.

Pesawat militer Saudi juga melancarkan tiga serangan udara ke distrik al-Buga di provinsi yang sama, namun juga tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan yang disebabkan oleh serangan ini.

Di pihak lain, tentara Yaman yang didukung pasukan Komite Rakyat, melesatkan rudal balistik Qaher M-2 (Subduer M-2) ke arah pasukan loyalis mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi di Hudaydah hingga menyebabkan beberapa anggota pasukan dukungan Saudi tewas dan luka. (presstv)..