Rangkuman Berita Timteng Kamis 21September 2018

hassan nasrallah lebanonJakarta, ICMES: Sekjen Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah menegaskan bahwa agresi Israel ke Suriah harus dihentikan.

Presiden Suriah Bashar al-Assad menegaskan Israel bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat Il-20 Rusia di kawasan Suriah akibat salah tembak pertahanan udara Suriah ketika melawan serangan udara Israel.

Gelombang peziarah makam Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib dengan jumlah yang diperkirakan akan mencapai lebih dari tiga juta orang terus mengalir ke kota Karbala, Irak.

Satu lagi remaja Palestina gugur diterjang peluru pasukan Rezim Zionis Israel yang menyerang para pengunjuk rasa Palestina di timur kota Rafah, Jalur Gaza Selatan.

Berita selengkapnya:

Nasrallah: Agresi Israel Ke Suriah Harus Dihentikan

Sekjen Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah menegaskan bahwa agresi Israel ke Suriah bukan karena ada pengiriman senjata Iran kepada Hizbullah, melainkan karena kekandasan agenda makar Amerika Serikat (AS), Israel, dan Arab Saudi, sehingga Poros Resistensi harus mempelajari proses penyelesaiannya.

“Ini terkait dengan kegagalan agenda AS, Saudi, dan Israel…. Israel berusaha mencegah Suriah memiliki kekuatan rudal yang dapat menciptakan keseimbangan… Agresi Israel berulangkali ini harus dipelajari dan diadakan penyelesaiannya… Agresi Israel ke Suriah tak dapat ditolerir lagi, dan harus dibatasi,” tegas Nasrallah dalam pidatonya di Beirut, ibu kota Lebanon, Rabu (19/9/2018).

Sekjen kelompok pejuang yang berbasis di Lebanon ini menyambut baik kesepakatan Rusia dengan Turki mengenai Idlib, dan memastikan Hizbullah akan tetap berada di Suriah.

“Kami menyambut baik kesepakatan Idlib sebagai satu langkah menuju solusi politik di Suriah, tapi ia bergantung pada implementasinya secara rinci,” ujarnya.

Dia memastikan Hizbullah akan tetap ada di Suriah “sampai ada pemberitahuan selanjutnya” dan “selagi pemimpin Suriah membutuhkannya.”

Mengenai kelompok teroris ISIS dia mengatakan bahwa tahun ini akan menjadi tahun penghabisan ISIS di kawasan.

Menurutnya, sejauh ini ISIS masih dapat bertahan di sejumlah kawasan di timur laut Suriah tak lain karena perlindungan AS, dan kelompok teroris berfaham Salafi/Wahhabi itu sekarang dialihkan ke negara-negara lain semisal Afghanistan, Pakistan, Mesir dan Yaman.

Mengenai AS dia mengatakan, “Kami memandang pemerintah AS sebagai musuh, sementara sebagian negara Arab memandangnya sebagai sahabat dan sekutu.”

Nasrallah menyoal, “Apakah kalian dapat membuktikan kejujuran AS? Apakah menguatkan Israel akan menguntungkan bangsa-bangsa Arab? Apakah Trump mengakui al-Quds (Yerussalem) sebagai ibu kota Israel adalah kepentingan bangsa Palestina?”

Dia menilai penguasa sesungguhnya di sebagian negara Arab dan Islam adalah duta besar AS, sementara bangsa Irak dapat menolak dikte AS meskipun mendapat intimidasi.

Dia menyoal, “Siapakah di sebagian negara Arab dan Islam berani mengecam campurtangan AS dalam urusan internal?”

Nasrallah menutup pidatonya dengan menegaskan bahwa Hizbullah berada di barisan depan dalam mencetak kemenangan di Lebanon dan kawasan, dan bahwa para pemuda Hizbullah berpartisipasi dalam pencegahan tragedi besar yang nyaris menimpa Lebanon dan kawasan.( raialyoum/alalam)

Presiden Suriah Salahkan Israel Atas Tertembak Jatuhnya Pesawat Rusia

Presiden Suriah Bashar al-Assad menegaskan Israel bertanggungjawab atas jatuhnya pesawat Il-20 Rusia di kawasan Suriah akibat salah tembak pertahanan udara Suriah ketika melawan serangan udara Israel.

“Peristiwa memprihatinkan ini adalah akibat arogansi dan perangai buruk Israel… Kami yakin sepenuhnya bahwa peristiwa mengejutkan seperti ini tidak akan menghalangi kelanjutan kita dalam perang melawan teroris, ” ungkap Assad dalam belasungkawanya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin atas insiden tersebut, Rabu (19/9/2018).

Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa lalu menyatakan bahwa sistem pertahanan udara Suriah telah salah tembak terhadap pesawat Il-20 yang sedang dalam perjalanan kembali ke Pangkalan Udara Hmeimim, provinsi Latakia, Suriah, dan ini terjadi bersamaan dengan serangan empat jet tempur F-16 Israel yang menyasar bangunan infrastruktur di Latakia.

“Para pilot Israel menjadi pesawat Rusia sebagai tameng dan membuatnya tersasar pertahanan udara Suriah,” ungkap kementerian Pertahanan Rusia.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu menegaskan, “Tanggungjawab sepenuhnya atas terjatuhnya pesawat Rusia dan kematian awaknya ada di pihak Israel.” (raialyoum)

Peringati Asyura, Jutaan Orang Mengalir Ke Kota Karbala

Gelombang peziarah makam Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib dengan jumlah yang diperkirakan akan mencapai lebih dari tiga juta orang hingga Rabu kemarin (19/9/2018) terus mengalir ke kota Karbala, Irak, dengan pelayanan kolosal serta pengamanan ekstra ketat.

Para peziarah itu datang dari dalam dan luar negeri Irak tak lain untuk memperingati peristiwa kesyahidan cucu Rasulullah SAW tersebut pada Hari Asyura. Mereka mengalir menuju komplek makam berkubah emas Imam Husain dan makam adiknya, Abul Fadhl Abbas, yang berada di dekatnya di Karbala.

Sebanyak 30,00 personil polisi dan tentara dikerahkan dan disebar untuk menjamin keamanan para peziarah di wilayah yang dibagi menjadi tiga lapis;

Pertama, kawasan sekitar makam yang terletak di pusat kota lama Karbala. Kedua, kawasan distrik-distrik yang bersebelahan dengan kawasan seputar makam. Ketiga, kawasan seputar kota Karbala hingga perbatasan administratifnya dengan provinsi-provinsi lain yang bersebelahan dengan provinsi Karbala.

Kelompok relawan ternama Irak, al-Hashd al-Shaabi, juga dikerahkan untuk pengamanan para peziarah.

Selain itu, sebanyak 5000 relawan umum juga dikerahkan untuk memberikan layanan kesehatan, transportasi dan lain-lain untuk para peziarah yang selain berdatangan dari berbagai penjuru Irak sendiri juga mengalir dari berbagai negara, termasuk India, Pakistan, Iran, Lebanon, Mesir, Tunisia, negara-negara Arab Teluk Persia, dan bahkan negara-negara Eropa. (alalam)

Satu Bocah Palestina Gugur Akibat Serangan Pasukan Israel

Satu lagi remaja Palestina gugur diterjang peluru pasukan Rezim Zionis Israel yang menyerang para pengunjuk rasa Palestina di timur kota Rafah, Jalur Gaza Selatan, Rabu (19/9/201).

Sumber-sumber kesehatan Palestina di Jalur Gaza menyatakan bahwa Ibrahim Abu Ayadah, 15 tahun,  warga kota Rafah gugur akibat tertembak langsung di bagian kepala.

Dalam peristiwa itu dua remaja Palestina lain menderita luka-luka dan dilarikan ke Rumah Sakit al-Najar.

Senin lalu, (17/9/2018), enam orang Palestina juga gugur syahid terkena serangan pasukan Zionis Israel di tiga wilayah Palestina; Jalur Gaza, Tepi Barat, dan al-Quds (Yerussalem). (mm/wafa/alalam)