Rangkuman Berita Timteng Jumat 27 Oktober 2017

pasukan irak dan peshmergaJakarta, ICMES: Pasukan federal Irak terlibat kontak senjata sengit dengan pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga ketika pasukan Irak bergerak menuju pintu perbatasan negara ini dengan Turki.

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan dengan para pejabat tinggi negaranya menyatakan 90% wilayah Suriah telah bebas dari cengkraman ISIS.

Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya dalam operasi militer bersandi Walfajr 3 telah menguasai penuh “Stasiun 2” di bagian selatan provinsi Deir Ezzor setelah menimpakan beberapa korban jiwa dan luka pada pihak ISIS.

Liga Arab mengecam kepetusan Rezim Zionis Israel untuk mendirikan permukiman Yahudi Zionis baru di Al-Quds (Yerussalem) Timur.

Berita Selengkapnya:

Kontak Senjata Pasukan Irak Dan Pasukan Kurdi, Satu Petinggi Kurdi Terbunuh

Pasukan federal Irak terlibat kontak senjata sengit dengan pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga, Kamis (26/10/2017), ketika pasukan Irak bergerak menuju pintu perbatasan negara ini dengan Turki melalui jalur yang dilintasi pipa minyak besar di bagian utara Irak.

AFP melaporkan bahwa Peshmerga melepas peluru-peluru mortir dan rudal anti tank untuk menunjukkan perlawanannya terhadap gerak maju pasukan Irak yang didukung kelompok relawan al-Hashd al-Shaabi.

Sejak 16 Oktober lalu pasukan Irak menguasai penuh provinsi Kirkuk yang kaya minyak serta beberapa kawasan sengketa lain di provinsi Nineveh antara pemerintah pusat Irak dan pemerintah otonomi Kurdistan Irak yang belakangan telah menggelar referendum kemerdekaan.

Kamis pagi perlengkapan militer lapis baja Irak bergerak dari kawasan Zomar yang kaya minyak menuju barat laut Mosul dan berhasil menguasai beberapa desa, namun terjadi konfrontasi sengit di beberapa desa lain.

Dini hari sebelumnya otoritas Kurdi yang bermarkas di kota Arbil menyatakan bahwa pasukan Irak dan relawan al-Hashd al-Shaabi telah menyerang posisi-posisi Peshmerga pada pukur 03.00 waktu setempat dari front Zomar dengan menggunakan senjata berat.

Pemerintah pusat Irak yang berkedudukan di Baghdad berusaha mengamankan jalur pipa minyak yang menjalar hingga Pelabuhan Ceyhan, Turki, dengan menguasai jalur ini, terutama di pintu perbatasan Faysh Khabur yang terletak di pinggiran provinsi Dahuk yang dikuasai oleh Kurdistan.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa petinggi Partai Demokrasi Kurdistan pimpinan Masoud Barzani terbunuh akibat serangan mortir yang menerjang kawasan Zomar yang berada di bawah wilayah administrasi Sinjar.

“Pejabat cabang Sinjar Partai Demokrasi Kurdistan, Wahid Bakuzi, terbunuh dalam serangan mortir yang menyasar posisi-poisis Peshmerga di kawasan Zomar. Dua orang pengawal Bakuzi juga terbunuh dalam serangan ini,” ungkap seorang narasumber yang meminta identitasnya dirahasiakan.

Hubungan Baghdad – Arbil memanas dalam satu bulan terakhir akibat penyelenggaraan referendum kemerdekaan Kurdistan. Namun Rabu lalu pihak Kurdistan menyatakan “membekukan” hasil referendum ini dan mengusulkan perundingan dengan Baghdad setelah Kurdistan mendapat tekanan hebat di lapangan maupun di berbagai forum politik dalam dan luar negeri Irak.

Usulan ini ditolak oleh Perdana Menteri Irak, Haider Abadi, dengan menegaskan, “Kami tidak akan menerima kecuali dengan menganulir referendum dan berkomitmen kepada konstitusi.” (rayalyoum/alsumarianews)

Putin: 90% Wilayah Suriah Bebas Dari Pendudukan ISIS

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan dengan para pejabat tinggi negaranya, Kamis (26/10/2017), menyatakan 90% wilayah Suriah telah bebas dari cengkraman kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dia kemudian mengungkapkan apresiasinya kepada tentara Rusia atas operasi militer yang mereka lancarkan selama ini dalam penumpasan terorisme di Suriah.

“Berkat kegagah beranian dan kemahiran mereka dalam pertempuran telah terjadi perubahan fundamental pada situasi Suriah,” katanya.

Dia menambahkan bahwa berkat kerjasama erat negaranya dengan pemerintah Suriah serta negara-negara mitra lainnya telah diadakan zona-zona de-eskalasi dan terdapat pula upaya keras untuk melancarkan proses penyelesaian krisis Suriah melalui jalur politik dan memperdalam rekonsiliasi sipil.

Putin menjelaskan bahwa kelompok-kelompok teroris bukanlah organisasi yang lemah, melainkan terlatih, memiliki perlengkapan yang baik dan akses dana yang besar, serta memiliki motivasi yang kuat.

Dia juga mengatakan bahwa dari berbagai operasi militer terhadap ISIS terlihat adanya peningkatan kemampuan pasukan Rusia, namun tetap harus diperkuat dan dibekali dengan sistem-sistem persenjataan mutakhir dan optimalisasi pelatihan dan kesiapan tempur. (rt)

SAA Bergerak Menuju Abu Kamal, Sarang Terakhir ISIS

Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya dalam operasi militer bersandi Walfajr 3 telah menguasai penuh “Stasiun 2” di bagian selatan provinsi Deir Ezzor setelah menimpakan beberapa korban jiwa dan luka pada pihak ISIS.

Media perang Hizbullah menyebutkan bahwa Stasiun 2 merupakan lokasi strategis dekat perbatasan Suriah-Irak karena akan menjadi titik tolak SAA dan sekutunya untuk bergerak menuju kota Abu Kamal di bagian tenggara provinsi Deir Ezzor, yang menjadi basis terakhir ISIS di Suriah.

Sebelumnya, SAA dan sekutunya telah mematahkan semua serangan ISIS yang ditujukan untuk menghalangi gerak maju mereka menuju Stasiun 2 yang bertolak dari Tadmur menuju Hamimah serta melewati Stasiun 3.

Stasiun 2 semula juga merupakan satu posisi penting ISIS, namun kawanan teroris ini terdesak hebat dan menderita kerugian jiwa dan materi besar dalam perlawanannya terhadap SAA hingga akhirnya keluar dari sana. SAA dan kemudian bergerak menuju kota Abu Kamal. (rt/rayalyoum)

Liga Arab Kecam Kesepakatan Israel Dirikan Permukiman Yahudi Di Al-Quds Timur

Liga Arab mengecam kepetusan Rezim Zionis Israel untuk mendirikan permukiman Yahudi Zionis baru di Al-Quds (Yerussalem) Timur.  Organisasi yang menghimpun negara-negara Arab ini menyebut tindakan Israel itu menunjukkan bahwa Israel “menantang kehendak internasional dan melawan segala upaya untuk menyukseskan solusi dua negara.”

“Keputusan otoritas Israel di Al-Quds menyetujui pembangunan unit-unit permukiman di kawasan Jabal al-Mukaber merupakan rangkaian rencana strategis yang jelas-jelas bertujuan mengoyak ikatan Al-Quds Timur dan menghalangi jalinan geografis antara distrik-distrik di dalamnya di dalamnya dan distrik-distrik  lain di bagian barat,” ungkap Mahmoud Afifi, juru bicara Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, mengutip pernyataan Aboul Gheit, Kamis (26/10/2017).

Sehari sebelumnya otoritas Israel menyetujui pembangunan 176 unit permukiman baru Zionis di wilayah berpenduduk Palestina di Al-Quds Timur. Jabal al-Mukaber berada di wilayah yang dirampas dan dianeksasi Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

“Kami mempersatukan Yerusalem melalui tindakan di lapangan,” kata walikota Al-Quds Nir Barkat dalam sebuah pernyataan mengenai perluasan pemukiman tersebut.

Sekjen Liga Arab menegaskan bahwa keputusan Israel itu juga bertujuan “memblokade eksistensi orang-orang Palestina di Al-Quds dengan lingkaran yang membentang dari permukiman Yahudi dengan maksud menggagalkan skenario apapun di masa mendatang untuk mendirikan negara Palestina pada garis perbatasan 4 Juni 1967 dengan ibu kota Al-Quds Timur.”

Dia juga mengingatkan, “Tak ada negara Palestina tanpa Al-Quds Timur sebagai ibu kotanya.” Menurutnya, pembangunan permukiman tersebut merupakan pelanggaran terhadap undang-undang internasional, dan Dewan Keamanan PBB memandang ilegal permukiman Yahudi di wilayah Palestina.

Pekan lalu, Israel mengumumkan persetujuannya untuk pembangunan ratusan rumah tambahan untuk imigran Yahudi Zionis di Tepi Barat, sehingga mengundang kutukan dari Palestina dan Uni Eropa.

Perundingan damai Israel-Palestina belum pernah digelar sejak 2014, dan sekarang kondisi ini diperparah oleh pembangunan permukiman baru tersebut.

Sekira 500.000 orang Israel tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, wilayah yang menampung lebih dari 2,6 juta orang Palestina. (afp/alarabia)